Keutamaan Puasa Sebelum Iduladha: Zulhijah, Tarwiyah, Arafah

tim | CNN Indonesia
Rabu, 29 Jun 2022 09:59 WIB
Menjelang Iduladha, umat Muslim disunahkan untuk berpuasa. Berikut keutamaan melaksanakan puasa sebelum Iduladha. Ilustrasi. Menjelang Iduladha, umat Muslim disunahkan untuk berpuasa. Berikut keutamaan melaksanakan puasa sebelum Iduladha. (iStockphoto/Zeferli)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mendekati Hari Raya Iduladha, umat Muslim disunahkan untuk berpuasa. Ada tiga puasa sunah jelang Iduladha yakni puasa Zulhijah, Tarwiyah, dan Arafah.

Puasa ini dimaksudkan agar Muslim yang belum mampu menjalankan ibadah haji bisa turut merasakan nikmat yang dirasakan oleh para jemaah yang tengah melaksanakan ibadah di Tanah Suci.

Keutamaan puasa sebelum Iduladha adalah amalan sunah yang bisa mendatangkan pahala jika dijalani. Namun, tidak berdosa jika tidak dilakukan.

Selain itu, tiga puasa sunnah jelang Iduladha ini dilakukan di 10 hari pertama bulan Zulhijah. Ini merupakan hari-hari yang istimewa.

"Rasulullah SAW bersabda: Tiada ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti sepuluh hari ini," jelas hadis riwayat At-Tirmidzi.

Melansir laman NU Online, berikut penjelasan soal keutamaan puasa sebelum Iduladha.

ilustrasi puasaIlustrasi. Terdapat keutamaan menjalankan puasa sebelum Iduladha. iStockphoto)

1. Keutamaan Puasa Zulhijah

Puasa ini dilakukan pada 1-7 hari pertama bulan Zulhijah. Keutamaan dari puasa Zulhijah adalah orang yang menjalaninya akan mendapat pahala setara dengan orang yang mati syahid.

"Apakah jihad juga tidak sebanding dengan beramal pada sepuluh hari tersebut?" Rasulullah menjawab, "Tidak, kecuali ia mengorbankan harta dan jiwanya di jalan Allah (mati syahid)," jelas hadis riwayat Ibnu Majah.

Keutamaan lainnya adalah dikabulkannya doa-doa yang dipanjatkan, dijauhkan dari sifat munafik, dipenuhi rasa cinta kasih, hingga dijauhkan dari kesusahan.


2. Keutamaan Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah dilakukan pada hari ke-8 bulan Zulhijah. Keutamaan puasa Tarwiyah disebut bisa menghapus dosa selama setahun.

"Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun," jelas hadis riwayat Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar.

Selain dapat menghapus dosa, keutamaan puasa Tarwiyah juga akan menjauhkan dari siksaan api neraka. Namun, sebagian ahli hadis masih berdebat soal keutamaan ini.

Kendati begitu, berpuasa sejatinya merupakan amalan baik yang selalu dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

"Puasa delapan hari sebelum hari Arafah (dianjurkan) bagi mereka yang sedang melaksanakan ibadah haji maupun mereka yang tidak melaksanakan ibadah haji," jelas Kitab Nihayatuz Zain karya Syekh M. Nawawi.


3. Keutamaan Puasa Arafah

Puasa Arafah dilakukan pada hari ke-9 bulan Zulhijah. Puasa Arafah merupakan puasa yang hukumnya sunah muakkad berarti mendekati wajib.

Keutamaan puasa Arafah bisa menghapus dosa dua tahun. Meski, sebagian ulama menyepakati 'menghapus dosa' ini berarti dosa-dosa kecil.

"Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu," (HR Muslim).

Kendati puasa sunnah Iduladha disebutkan selama 10 hari, namun puasa pada hari ke-10 atau pada perayaan Iduladha itu sendiri merupakan puasa yang haram hukumnya.

Begitu juga dengan tiga hari setelah Iduladha juga tidak dianjurkan untuk puasa karena merupakan hari Tasyrik, yaitu harinya makan-makan dan masih dalam suasana hari raya.

Keutamaan puasa sebelum Iduladha ini memang istimewa, selain memperoleh ganjaran pahala, insya Allah orang yang menjalaninya diberkahi kemuliaan Allah SWT.

(uli/fef)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER