5 Amalan Bulan Zulhijah, Perbanyak Pahala di Bulan yang Mulia

CNN Indonesia
Kamis, 30 Jun 2022 13:30 WIB
Zulhijah merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Ada beberapa amalan bulan Zulhijjah yang bisa dilakukan umat Muslim. Ilustrasi. Ada beberapa amalan bulan Zulhijjah yang bisa dilakukan umat Muslim. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Zulhijjah (Zulhijah, dalam KBBI) jadi salah satu bulan yang dimuliakan. Ada beberapa amalan bulan Zulhijjah yang bisa dilakukan umat Muslim.

Kalender Hijriah memasuki bulan Zulhijah pada 1 Juli 2022. Bulan ini terdiri dari 30 hari dan berakhir pada Sabtu, 30 Juli 2022 mendatang.

Zulhijah menjadi salah satu bulan yang suci dan dimuliakan dalam Islam, selain Zulkaidah, Muharam, dan Rajab. Untuk itu, umat Muslim disarankan memperbanyak amalan di bulan ini.

Salah satu keistimewaan Zulhijah adalah pada 10 hari pertama. Bulan ini menjadi media sumpah oleh Allah SWT yang terdapat dalam surat Al Fajr ayat 2.

وَلَيَالٍ عَشْرٍۙ

Artinya:
"Demi malam yang sepuluh."

Ayat itu ditafsirkan sebagai sepuluh hari pertama di bulan Zulhijah. Mereka yang beramal saleh pada hari-hari tersebut akan mendapatkan pahala yang sangat agung.

Sejumlah riwayat hadis juga menyebut bahwa setiap amal saleh yang dilakukan pada sepuluh hari pertama bulan Zulhijjah termasuk amalan yang sangat dicintai Allah SWT.

Amalan Bulan Zulhijjah

Ilustrasi perempuan muslim berdoaIlustrasi. Ada sejumlah amalan bulan Zulhijjah yang bisa dilakukan umat Muslim. (iStock/Tinnakorn Jorruang)

Selain menjalankan ibadah wajib, umat Muslim juga bisa melakukan amalan dalam bentuk apa pun. Berikut beberapa amalan bulan Zulhijjah yang bisa dilakukan.

1. Puasa sunah

Umah Islam disunahkan untuk berpuasa selama 1-9 Zulhijah. Hal ini juga yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Dalam sembilan hari itu, ada dua hari diantaranya puasa yang bernilai mulia di sisi Allah SWT. Keduanya adalah puasa Tarwiyah pada 8 Zulhijah dan puasa Arafah pada 9 Zulhijah.

2. Berkurban

Ibadah ini hanya bisa dilakukan di bulan Zulhijah. Siapa pun yang menjalankan ibadah kurban akan mendapatkan pahala luar biasa di sisi Allah SWT.

Tak cuma itu, ibadah kurban juga menjadi bentuk meneladani kisah Nabi Ibrahim AS dan anak yang dicintainya Nabi Ismail AS.

3. Berzikir

Bulan Zulhijah dapat dijadikan waktu yang tepat untuk memperbanyak zikir, terutama pada sepuluh hari pertama. Zikir menjadi salah satu sarana untuk mengingat keagungan Allah SWT.

Berzikir dapat dilakukan dengan mengucapkan kalimat-kalimat seperti tahlil, takbir, tasbih, dan tahmid.

4. Tadarus Al-Qur'an

Umat Islam juga dianjurkan memperbanyak tadarus Al-Qur'an di bulan Zulhijah. Siapa pun yang membaca Al-Qur'an akan diganjar dengan pahala berlimpah.

5. Salat sunah

Tak cuma salat lima waktu, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak salat sunah, utamanya pada sepuluh hari pertama.

Pada hari kesepuluh, umat Islam yang tidak berhalangan juga bisa melakukan salat Iduladha. Ada banyak keutamaan yang dijanjikan Allah bagi orang yang menjalankan ibadah salat Iduladha.

Selain itu, ada banyak lagi amalan bulan Zulhijjah lainnya. Termasuk diantaranya berbuat baik pada sesama dan bersedekah.

Gif banner Allo Bank
(tim/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER