Bergidik Menelusuri Cerita Hotel Berhantu 'Ghost Palace' di Bali

CNN Indonesia
Kamis, 30 Jun 2022 19:30 WIB
Nuansa mistis dan angker jadi daya tarik bangunan hotel yang terbengkalai di Bedugul, Bali. Orang-orang menyebutnya sebagai 'The Ghost Palace'. Ilustrasi. Nuansa mistis dan angker jadi daya tarik bangunan hotel yang terbengkalai di Bedugul, Bali. (istockphoto/Em Campos)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apa jadinya jika bangunan hotel terbengkalai dalam waktu lama? Bisa jadi nuansa mistis akan menghidupi setiap sudut ruang dalam bangunan.

Hal ini pula yang terjadi pada sebuah bangunan mewah di Bedugul, Bali. Konon, bangunan ini merupakan hotel kosong yang telah terbengkalai dalam waktu lama.

Orang-orang menyebutnya bangunan hotel ini sebagai 'The Ghost Palace'. Dan jangan salah, meski memberikan kesan mistis, tempat satu ini justru bikin banyak pelancong asing kepincut.

Dalam beberapa waktu ke belakang, bangunan hotel ini disorot oleh sejumlah media asing. Bangunan ini juga muncul dalam banyak situs para travel blogger.

Nuansa mistis justru menarik perhatian para pelancong.

Hotel ini berdiri di atas lahan seluas lima hektar, dengan bangunan yang masih terlihat megah. Banyak yang menyebut kalau hotel ini ditinggalkan pemiliknya karena krisis finansial akibat tragedi bom Bali pada 2002 lalu, sehingga wisatawan yang datang turun drastis.

Cerita lain menyebutkan bahwa hotel itu dimiliki oleh Tommy Soeharto, putra dari Presiden ke-2 RI, Soeharto. Operasional hotel terkendala urusan perizinan.

Namun, menukil laman Bali Tours Club, seorang penjaga hotel menyebut bahwa bangunan itu dimiliki oleh saudagar China yang ingin menjual properti miliknya.

Bangunan megah yang disebut bernama Hotel Pondok Indah (PI) itu berada di atas bukit yang ada di Bedugul, Bali. Hotel itu konon dibangun pada 1990-an, namun mangkrak dan bahkan tidak pernah dioperasikan.

Wisatawan yang coba-coba mengunjungi bangunan itu menyebutnya sebagai The Ghost Palace atau Istana Hantu. Bukan cuma ceritanya yang mistis, bangunannya pun memang cukup menarik.

[Gambas:Youtube]



Hotel yang berada di atas bukit itu memiliki bangunan yang megah dengan pernak-pernik arsitektur yang indah. Walau terbengkalai, keindahannya masih tetap terlihat.

Bukan cuma itu, karena berada di atas bukit, pemandangan yang ditawarkan dari hotel ini juga sangat menarik. Pemandangan Bedugul dari atas bukit di hotel ini memang sangat asri dan menyegarkan pandangan mata.

Kabar mengenai keberadaan bangunan hotel ini konon pertama kali diramaikan oleh seorang traveler bernama Jacob Laukaitis pada 2015 lalu.

Mengutip Asia One, saat tengah menjelajahi hutan-hutan di Bali, Laukaitis menemukan sebuah bangunan terlantar yang dipenuhi oleh tanaman merambat.

Cat yang mulai mengelupas, langit-langit yang hampir runtuh, hingga tanaman merambat menghiasi bangunan itu.

Namun, penemuannya yang paling menyeramkan adalah sepasang sandal jepit di pintu masuk bangunan hotel.

Sejak itu, bangunan terbengkalai ini kian populer. Banyak pelancong justru penasaran dengan daya tarik mistis yang dimiliki bangunan ini.

Gif banner Allo Bank
(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER