5 Cara Mengencangkan Payudara Biar Tak Cepat Kendur

tim | CNN Indonesia
Selasa, 05 Jul 2022 11:40 WIB
Terdapat sejumlah cara mengencangkan payudara yang bisa dilakukan. Cara ini mudah dan aman karena tidak menimbulkan efek samping pada payudara. Ilustrasi. Terdapat sejumlah cara mengencangkan payudara yang bisa dilakukan. Cara ini mudah dan aman karena tidak menimbulkan efek samping pada payudara. (Istockphoto/2HotBrazil)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bentuk payudara dapat berubah dan mengendur seiring waktu. Hal tersebut wajar terjadi, mengingat kulit dan payudara dapat berkurang elastisitasnya.

Payudara yang mengendur memang bisa membuat sebagian wanita jadi merasa kurang percaya diri. Akan tetapi, kondisi tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan kebiasaan dan perubahan gaya hidup.

Merujuk Healthline, ada banyak cara mengencangkan payudara supaya bentuknya kembali proporsional dengan metode alami tanpa operasi.

Cara tersebut tentunya dinilai lebih aman karena tidak ada efek samping pada payudara. Akan tetapi, Anda perlu menerapkannya secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.


Penyebab Payudara Kendur

Female leg stepping on weigh scales. Healthy lifestyle, food and sport concept.Ilustrasi. Penyebab payudara kendur sangat beragam, mulai dari kebiasaan merokok, naik-turun berat badan ekstrem, hingga melakukan olahraga berat (iStockphoto/spukkato)

Perlu Anda tahu bahwa bentuk payudara setiap wanita sangat bervariasi. Selain itu, bentuk payudara sendiri berpotensi besar untuk berubah dari waktu ke waktu.

Ketika payudara kendur, tentu hal itu bukan tanpa sebab. Biasanya ada sejumlah kebiasaan yang memengaruhinya, sebagai berikut:

  • Pertambahan usia adalah penyebab paling umum dari payudara kendur. Kulit akan semakin berkurang elastisitasnya akibat penuaan.
  • Merokok menyebabkan kulit tubuh termasuk pada payudara kehilangan elastisitasnya dan tidak kembali kencang.
  • Ukuran payudara yang terlalu besar akan cenderung lebih berat, sehingga dapat melorot seiring waktu dan pertambahan usia.
  • Kehamilan menyebabkan perubahan pada ukuran dan struktur payudara. Ketika hamil, ligamen yang menopang payudara meregang bahkan sejak trimester pertama kehamilan. Ligamen yang melemah ini menyebabkan payudara kendur dan efeknya dapat meningkat pada setiap kehamilan.
  • Penurunan berat badan yang ekstrem secara drastis bisa mengubah bentuk dada dan penampilan payudara.
  • Kelebihan berat badan menyebabkan kulit serta jaringan payudara meregang sehingga mengakibatkan bentuknya terkulai.
  • Efek paparan sinar UV matahari yang berlebihan berisiko merusak kolagen sekaligus elastin kulit termasuk payudara.
  • Fase menopause tentunya mempunyai pengaruh terhadap perubahan hormonal sehingga mengurangi elastisitas kulit.
  • Terlalu berlebihan melakukan olahraga berat dengan intensitas tinggi juga dapat menyebabkan jaringan ikat payudara rusak, lalu kendur.
  • Adanya penyakit penyerta, seperti kanker payudara atau TBC mampu melemahkan jaringan dan penyangga payudara.


Cara Mengencangkan Payudara 

Attractive Asian woman or hipster female measures her breast .working girl checks her chest size with measuring tape. beauty girl with healthcare or fashion concept.Ilustrasi. Cara mengencangkan payudara yang aman (iStockphoto/5432action)

Terdapat sejumlah metode aman mengencangkan payudara agar tak membuatnya cepat kendur, sebagai berikut.

1. Latihan dada

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk membantu mengencangkan payudara yaitu dengan latihan dada.

Sebab di bagian bawah payudara terdapat jaringan ikat fibrosa dan otot yang bisa dilatih untuk meningkatkan penampilan dada secara keseluruhan.

Supaya lebih maksimal, latihannya dapat dikombinasikan dengan berenang seminggu sekali, push up, bench press, arm curls. Gerakan mengencangkan payudara ini idealnya dilakukan setiap hari minimal 10-15 menit.


2. Latihan memperbaiki postur tubuh

Latihan sikap juga dapat memperbaiki postur tubuh. Misalnya dari yang sebelumnya bungkuk dan memengaruhi payudara jadi turun, lalu dilatih untuk terbiasa tegap.

Dengan menjaga punggung tetap lurus, tegap, dengan bahu ke belakang, maka postur yang baik ini berfungsi untuk mendistribusikan beban secara merata di tubuh Anda.

Sebab jika terlalu sering membungkuk, payudara akan menggantung dan memengaruhi jaringan di dalamnya sehingga mempercepat kendur.


3. Menggunakan bra yang sesuai

ilustrasi BraIlustrasi. Cara mengencangkan payudara agar tak cepat kendur adalah dengan selalu kenakan bra yang sesuai ukurannya. (iStockphoto/mustafagull)

Pemakaian bra penting diperhatikan. Disarankan Anda memakai bra sesuai ukuran, terutama saat berolahraga.

Satu studi menunjukkan bahwa gerakan payudara dari olahraga menyebabkan peregangan dan kendur, meski penelitian ini masih harus dikaji lebih lanjut.

Saat tidak berolahraga, pilih jenis bra untuk sehari-hari yang nyaman, berbahan lembut, dan menyerap keringat. Jika Anda tidur, bisa tidak memakai bra supaya payudara lebih rileks.

4. Menerapkan pola diet sehat

Selain latihan, Anda perlu menyeimbangkan dengan menerapkan pola diet sehat seimbang yang mengutamakan asupan tinggi nutrisi.

Penting juga untuk menjaga berat badan yang ideal sesuai tipe tubuh. Lalu hindari kebiasaan merokok, minum alkohol, dan pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan cukup.

Air ini dapat memperkuat segala sesuatu di tubuh Anda. Dengan minum cukup hal itu akan meningkatkan kekencangan kulit serta memperkuat jaringan payudara secara keseluruhan.




5. Tes hormon

Penurunan hormon estrogen akan terjadi secara normal selama menopause, sehingga memiliki hubungan dengan penurunan kolagen jaringan payudara.

Cara mengencangkan payudara berikut, bisa dengan mencoba melakukan tes hormon untuk meningkatkan kadar estrogen.

Tapi, cara ini harus dilakukan dalam pengawasan dokter sehingga nantinya disesuaikan dengan kondisi tubuh agar hasilnya tepat dan maksimal.

Gif banner Allo Bank

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER