Bolehkah Makan dan Minum Sebelum Salat Idul Adha?

CNN Indonesia
Sabtu, 09 Jul 2022 09:20 WIB
Di hari raya Idul Fitri, umat Muslim dianjurkan untuk makan sebelum salat. Bagaimana dengan Idul Adha? Bolehkah makan sebelum salat Idul Adha? Ilustrasi. Tak sedikit orang yang tahu soal bolehkah makan sebelum salat Idul Adha. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak sedikit orang yang tahu soal bolehkah makan sebelum salat Idul Adha? Betapa tidak, beberapa orang masih meyakini bahwa makan sebelum salat Id merupakan sesuatu yang dianjurkan.

Hari raya Idul Adha 2022 akan segera tiba. Salat Id menjadi salah satu ibadah sunah yang dianjurkan bagi umat Muslim.

Sebagaimana diketahui, ada beberapa sunah yang yang bisa dilakukan umat Muslim sebelum salat Id. Mulai dari mandi, memakai wewangian, hingga urusan makan.

Bolehkah Makan Sebelum Salat Idul Adha?

Menukil laman NU Online, umat Muslim dianjurkan untuk menunggu makan setelah selesai melaksanakan salat Id. Hal ini berbeda dengan hari raya Idulfitri, dimana umat Muslim dianjurkan makan sebelum salat Id.

Tidak makan sebelum salat Idul Adha sendiri memiliki ketetapan hukum sunah. Artinya, pahala bakal didapat oleh siapa saja yang melakukannya. Tapi jika tak dilakukan pun tak jadi dosa.

Hal ini juga menjadi salah satu sunah yang bisa dilakukan umat Muslim di hari raya Idul Adha. Pada masa Rasulullah SAW, makanan itu umumnya berupa kurma yang jumlahnya ganjil.

عن بريدة رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لا يخرج يوم الفطر حتى يطعم ويوم النحر لا يأكل حتي يرجع

Artinya:
Diriwayatkan dari sahabat Buraidah RA, bahwa Nabi Muhammad SAW tidak keluar pada hari raya Idul Fitri sampai beliau makan, dan pada hari raya Idul Adha sehingga beliau kembali di rumah.

Pertanyaan soal bolehkah makan sebelum salat Idul Adha ini harus diperhatikan semua umat Muslim, baik mereka yang berkurban maupun tidak berkurban. Mengutip laman Kementerian Agama, anjuran ini berlaku bagi seluruh umat Muslim.

Sebagaimana diketahui, beberapa beranggapan bahwa anjuran untuk tidak makan sebelum salat Idul Adha hanya berlaku bagi mereka yang berkurban. Padahal, anjuran berlaku sama, baik pada mereka yang berkurban ataupun tidak berkurban.

Salah satunya disampaikan dalam Hadis Riwayat Tirmidzi yang berbunyi:

"Nabi tidak keluar menuju lapangan di hari Idul Fitri hingga beliau makan dulu. Dan beliau tidak makan di hari Idul Adha hingga beliau selesai melaksanakan salat."

Teks di atas menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak makan di hari Idul Adha hingga waktu salat.

Demikian jawaban dari bolehkah makan sebelum salat Idul Adha. Selamat merayakan Idul Adha!

Gif banner Allo Bank
(tim/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER