Doa Ziarah Kubur Lengkap beserta Tata Caranya

tim | CNN Indonesia
Senin, 11 Jul 2022 10:30 WIB
Ada banyak hikmah yang bisa diambil dari membacakan doa ziarah kubur. Berikut doa ziarah kubur lengkap beserta tata caranya. Ilustrasi. Ada banyak hikmah yang bisa diambil dari membacakan doa ziarah kubur. Berikut doa ziarah kubur lengkap beserta tata caranya. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memanjatkan doa ziarah kubur merupakan salah satu amalan baik dalam agama Islam. Doa ini biasanya diberikan untuk mendoakan orang-orang yang telah meninggal, seperti keluarga dan kerabat.

Selain itu, menurut Rasulullah SAW, ada banyak hikmah yang bisa diambil dari membacakan doa ziarah kubur. Salah satunya mengingatkan manusia yang masih hidup akan kematian dan akhirat.

Harapannya, mereka yang masih hidup bisa menambah amal ibadah sebagai bekal di akhirat nanti.

Untuk membaca doa ziarah kubur, sebenarnya tidak ada patokan waktu. Namun, masyarakat sering membacanya saat melakukan ziarah jelang bulan puasa atau Ramadan.

Doa Ziarah Kubur

Warga melakukan ziarah kubur hari kedua Idul Fitri di TPU Semper, Jakarta Utara, Senin, 25 Mei 2020. Meskipun PSBB masih berlangsung di DKI Jakarta, warga tak surut mendatangi TPU melakukan tradisi ziarah. CNNIndonesia/Safir MakkiIlustrasi. Ada banyak hikmah yang bisa diambil dari membacakan doa ziarah kubur.  (CNNIndonesia/Safir Makki)

Berikut rangkaian doa ziarah kubur sesuai urutan beserta tata caranya.

1. Ucapkan salam

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Assalamu'alaìkum dara qaumìn mu'mìnîn wa atakum ma tu'adun ghadan mu'ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun

Artinya: "Assalamualaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian."


2. Membaca istigfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullah hal adzim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyumu wa atubu ilaihi

Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."


3. Surah Al-Fatihah 3x

Bismillahir rahmanir rahim Alhamdulillahi rabbil 'alamin Ar Rahmaanirrahiim Maaliki yaumiddiin Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin Ihdinash-shirraatal musthaqiim Shiraathal ladziina an'amta 'alaihim ghairil maghduubi 'alaihim waladh-dhaalliin

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam Yang Maha Pengasih, Lagi Maha Penyayang Pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya, bukan mereka yang dimurkai, dan bukan mereka yang sesat."


4. Surah Al-Ikhlas 3x

Qul huwallahu ahad, allahu somad, lam yalid wa lam yụlad, wa lam yakul lahu kufuwan ahad

Artinya: "Katakanlah, 'Dialah Yang Maha Esa. Allah adalah tuhan tempat bergantung oleh segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan. Dan tidak ada seorang pun yang setara dengan-Nya."

Gif banner Allo Bank


Doa ziarah kubur, lanjut halaman dua...

Doa Ziarah Kubur Lengkap beserta Tata Caranya

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER