Saat Citarasa Kuliner Jepang dan Prancis Menyatu di Piring

tim | CNN Indonesia
Minggu, 17 Jul 2022 10:52 WIB
Pernahkah mencicipi bagaimana kedua jenis makanan dari Timur dan Barat ini dijadikan satu? Apa jadinya kalau kuliner Jepang dan Prancis ini berkolaborasi? Pernahkah mencicipi bagaimana kedua jenis makanan dari Timur dan Barat ini dijadikan satu? Apa jadinya kalau kuliner Jepang dan Prancis ini berkolaborasi?(Arsip OKU)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sudah bukan rahasia kalau aneka hidangan Jepang dan Prancis adalah salah satu hidangan paling nikmat di dunia. Hidangan kedua negara ini banyak diburu para pecinta kuliner.

Citarasa khas Jepang dan Prancis bahkan sudah tak asing lagi di lidah orang Indonesia. Makanan Jepang seperti sushi, sashimi dan ramen dianggap punya rasa yang clean sehingga dianggap lebih sehat dan menyegarkan.

Sedangkan citarasa khas Prancis dianggap lebih fine dining dan mewah dengan citarasa khas restoran Michelin yang istimewa.

Restoran kedua negara ini juga sudah menjamur. Mau yang mana tinggal pilih. Namun pernahkah mencicipi bagaimana kedua jenis makanan dari Timur dan Barat ini dijadikan satu? Apa jadinya kalau kuliner Jepang dan Prancis ini berkolaborasi?

Chef berdarah Prancis Stephane Simond dari Restoran Folie Bali berkolaborasi dengan chef Kunihiro dari OKU Restoran di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta untuk menghadirkan sensasi east meet west yang unik.

"Ini tentang bagaimana mengintegrasikan dua budaya makanan besar antara Jepang dan Prancis dan bersama Chef Kunihiro, saya berusaha menggabungkan antara Barat dan Timur menjadi hidangan yang unik," ucap chef Stephane Simond saat peluncuran menu baru ini.

Pengalaman bersantap dihadirkan dalam kedua hidangan ini dimulai dengan amuse bouche. Dalam bahasa Prancis, Amuse-bouche berarti menyenangkan mulut. Hidangan ini merupakan hidangan dalam porsi kecil yang disajikan dalam kuliner Prancis.

Di Foile by OKU, amuse bouche yang disajikan adalah Baked Organic Egg yang bertekstur seperti sup.

Menu Baked Organic Egg disajikan dengan croutons atau baked bread dan harumnya jamur truffle dengan sensasinya yang gurih.

Berkolaborasi dengan Chef berdarah Prancis Stephane Simond dari Restoran Folie Bali, OKU restoran Jepang premium menghadirkan pengalaman kuliner Jepang dengan sentuhan ala Prancis.Foto: Arsip OKU
Berkolaborasi dengan Chef berdarah Prancis Stephane Simond dari Restoran Folie Bali, OKU restoran Jepang premium menghadirkan pengalaman kuliner Jepang dengan sentuhan ala Prancis.

Sedangkan menu lainnya adalah hidangan Perancis Foie Grass atau hati angsa. Seared French Duck Foie Grass dibuat dari hati angsa yang dipadukan dengan saus yang diracik khusus oleh Chef Stephane dan Chef Kunihiro. Anda dapat merasakan campuran cita rasa Prancis dan Jepang di hidangan ini dari kombinasi foie gras dengan kecombrang.

"Hidangan ini disajikan dengan saus fondue dan rice cracker dan juga ada sedikit kecombrang untuk membawa citra rasa makanan Indonesia ke dalam hidangan ini," ucap Stephane.   

Berlanjut ke hidangan selanjutnya, kali ini hidangan khas Jepang yang bakal memanjakan lidah Anda. Japanese Blue Fin Tuna Collar yang merupakan hidangan ikan tuna yang sangat juicy namun renyah di bagian luar daging ikannya.

"Hidangan ini sebagian besar merupakan kombinasi dari jamur truffle dan sesuatu dari laut. Yang mana daging tunanya terasa empuk seperti daging sapi. Jadi, daging ini terasa sangat cocok dengan truffle," ucapnya.

Berkolaborasi dengan Chef berdarah Prancis Stephane Simond dari Restoran Folie Bali, OKU restoran Jepang premium menghadirkan pengalaman kuliner Jepang dengan sentuhan ala Prancis.Foto: Arsip OKU
Berkolaborasi dengan Chef berdarah Prancis Stephane Simond dari Restoran Folie Bali, OKU restoran Jepang premium menghadirkan pengalaman kuliner Jepang dengan sentuhan ala Prancis.

Adapun hidangan utama atau main course yang disajikan dalam set menu dinner ini yakni Grilled Futari Wagyu Striploin Marble 6/7. Hidangan ini termasuk spesial dengan daging wagyu yang meleleh di mulut ketika Anda menggigitnya. Daging ini pun dihidangkan dengan saus jamur yang gurih dan akan membuat Anda ketagihan.

"Daging sapi adalah sesuatu yang wajib, hidangan ini adalah striploin wagyu dan disajikan dengan jamur asal Jepang. Kita buat jamur itu sebagai puree dan kami sajikan dengan daging sapi," ujarnya.

Buat Anda pecinta dessert, makanan penutup dalam set makan malam ini tentu tak bisa dilewatkan. Warm Valrhona Caraibes Chocolate Tartlet yang adalah kue tart yang crunchy dengan paduan rasa matcha dan coklat yang enak. Faktanya, perpaduan matcha dan cokelat dapat menjadi sebuah makanan sehat karena cokelat mengandung antioksidan dan potassium.

"Yang terakhir adalah kombinasi antara coklat dan matcha, jadi Prancis dan Jepang menjadi satu dengan sempurna," kata Stephane.

Gif banner Allo Bank
(del/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER