9 Kebiasaan Sehari-hari yang Jadi Jaminan Umur Panjang

CNN Indonesia
Jumat, 30 Sep 2022 06:00 WIB
Ada beberapa kebiasaan baik yang bisa bikin umur panjang. Beberapa kebiasaan ini bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ilustrasi. Ada beberapa kebiasaan baik yang bisa bikin umur panjang. (Istockphoto/jacoblund)
Jakarta, CNN Indonesia --

Karier yang stabil, pola makan tercukupi, hingga jalinan pertemanan yang baik saja tak cukup jadi jaminan umur panjang. Ada beberapa kebiasaan baik yang bisa bikin umur panjang, yang bisa Anda terapkan.

Kebiasaan-kebiasaan ini bisa Anda terapkan setiap saat sebagai resep umur panjang. Kebiasaan ini menjadi kesehatan jangka panjang.

Sejumlah ahli percaya, banyak bukti yang memperlihatkan bahwa ada beberapa upaya yang bisa meningkatkan angka harapan hidup.

Berikut kebiasaan yang bisa membuat umur panjang, melansir CNN.

1. Pemeriksaan medis teratur

Di usia remaja, seseorang cenderung memiliki sedikit masalah kesehatan daripada orang dewasa. Namun, tak ada salahnya melakukan skrining kesehatan secara teratur sejak dini.

Skrining dilakukan untuk mengetahui risiko dan mencegah berkembangnya penyakit.

2. Aktivitas fisik yang konsisten

Bukan rahasia lagi, aktivitas fisik memberikan jaminan tubuh yang sehat. Dengan aktivitas fisik, tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung.

Selain itu, beberapa jenis aktivitas fisik juga diketahui memberikan manfaat lebih selain umur panjang. Aerobik, misalnya, yang bisa membantu mempertahankan fungsi kognitif lebih lama.

3. Kontrol berat badan

Ilustrasi berat badanIlustrasi. Mengontrol berat badan jadi salah satu kebiasaan yang bisa bikin umur panjang. (iStock/tortoon)

Berat badan yang ideal punya peran penting dalam kesehatan. Berat badan berlebih bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan angka indeks massa tubuh (BMI). Mempertahankan skor BMI yang sehat dapat memperpanjang angka harapan hidup lebih dari satu dekade.

4. Batasi asupan daging merah

Makanan nabati adalah sumber antioksidan yang kuat. Antioksidan berfungsi untuk mencegah oksidasi sebagai tanda tubuh terpapar radikal bebas yang bisa memicu berbagai penyakit.

Sejumlah penelitian telah membuktikan, membatasi asupan daging merah dan olahan dapat membantu memperpanjang angka harapan hidup. Sebagai gantinya, konsumsi banyak buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

5. Menjaga kesehatan mental

Kebiasaan yang bisa bikin umur panjang lainnya adalah menjaga kesehatan mental.

Kesehatan mental sering kali menjadi bagian yang diabaikan dari upaya menjaga kesehatan secara menyeluruh. Padahal, kondisi mental justru berkontribusi besar bagi kesehatan secara menyeluruh.

Cobalah lakukan teknik pernapasan mendalam saat bangun tidur. Atau, Anda juga bisa berjalan kaki di sekitar rumah, menulis catatan harian, serta mengistirahatkan diri dari gawai.

Cara-cara di atas bisa membantu menurunkan kadar kortisol atau hormon stres yang bisa memicu masalah kesehatan.

6. Tidur yang cukup

Orang yang tidur kurang dari tujuh jam setiap malam cenderung memiliki tingkat hormon stres, gula darah, dan tekanan darah yang lebih tinggi.

Untuk itu, Anda perlu meningkatkan kualitas tidur dengan baik. Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam.

7. Kurangi alkohol

Terlalu banyak asupan minuman beralkohol bisa menjadi racun untuk tubuh hingga mengakibatkan gagal jantung.

Tak cuma itu, minuman beralkohol juga meningkatkan kadar gula darah dan bisa menambah berat badan.

Mengurangi konsumsi minuman beralkohol dapat membantu memperpanjang angka harapan hidup dengan menurunkan risiko diabetes, penyakit kardiovaskular, dan penyakit kronis lainnya.

8. Tidak merokok

Woman smoking in a carIlustrasi. Tidak merokok jadi salah satu kebiasaan yang bisa bikin umur panjang. (iStockphoto/sestovic)

Bukan rahasia lagi, merokok bisa memicu sejumlah masalah kesehatan. Salah satunya adalah kanker.

Selain itu, kebiasaan merokok juga meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kondisi lain yang memperpendek umur.

9. Membangun hubungan yang kuat

Memiliki hubungan yang dekat dan positif dengan orang lain dapat menambah tingkat kebahagiaan. Hal tersebut dapat membantu mengurangi stres.

Penelitian menunjukkan, orang yang memiliki hubungan baik dengan keluarga, teman, dan komunitas ditemukan memiliki lebih sedikit masalah kesehatan dibandingkan mereka yang jarang bersosialisasi. Mereka juga memiliki risiko depresi yang lebih kecil.

Demikian beberapa kebiasaan yang bisa bikin umur panjang. Jangan lupa untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

(del/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER