Mengganti Hijab dengan Hoodie dan Topi, Bolehkah dalam Islam?

CNN Indonesia
Rabu, 20 Jul 2022 20:31 WIB
Hijab bukan satu-satunya alat yang bisa digunakan wanita untuk menutup auratnya. Apa pun bisa digunakan selama benda tersebut bisa menutup rambut dan leher. Ilustrasi. Hijab bukan satu-satunya alat yang bisa digunakan wanita untuk menutup auratnya. (iStock/Drazen_)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pesohor asal Korea Selatan Ayana Jihye Moon membuat gempar netizen. Pasalnya, dia baru saja mengunggah foto lepas hijab dan menggantinya dengan topi dan hoodie.

Ayana Moon lepas hijab pun ramai diperbincangkan netizen.

Diketahui, Ayana yang banyak berkegiatan di Indonesia memang tengah kembali ke Korea Selatan. Dia menyempatkan diri untuk menjenguk adiknya yang saat ini tengah menjalani wajib militer.

Meskipun tidak berhijab, beberapa foto yang diunggah tetap menutup bagian kepala dan lehernya. Ayana menggunakan topi dan hoodie agar bagian aurat di kepalanya tetap tertutup.

Tapi, bagaimana pandangan Islam terkait cara Ayana menutup auratnya tanpa menggunakan hijab? Apakah hal itu memang diperbolehkan?

Kyai Ahmad Fahrur Rozi atau Gus Fahrur yang juga menjabat sebagai Ketua PBNU mengatakan bahwa tak masalah menutup aurat tanpa menggunakan hijab.

Alasannya, tak semua lingkungan memungkinkan seseorang menggunakan hijab untuk menutup auratnya.

"Kalau kasusnya dia ada di negara atau ada dalam keadaan yang tidak memungkinkan, masih diperbolehkan menutup aurat tanpa hijab," kata Gus Fahrur saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (20/7).

[Gambas:Instagram]



Hijab, kata Gus Fahrur, bukan satu-satunya alat yang bisa digunakan wanita untuk menutup auratnya. Apa pun bisa digunakan selama benda tersebut bisa menutup rambut dan lehernya, salah satunya dengan hoodie dan topi.

Islam, kata dia, terbuka dalam hal apa pun. Apalagi jika hal itu memang dilakukan karena alasan yang cukup kuat.

"Apapun bisa digunakan, selama itu tidak menyerupai bentuk asli dari auratnya. Misal pakai wig itu tidak boleh, kalau hoodie dan topi selama menutup benar auratnya, bisa dipakai," kata dia.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER