Waspada, Ada 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi

tim | CNN Indonesia
Rabu, 27 Jul 2022 15:30 WIB
Ada berbagai kebiasaan yang menyebabkan kolesterol tinggi khususnya bagi Anda yang berusia di atas 35 tahunan. Ada berbagai kebiasaan yang menyebabkan kolesterol tinggi khususnya bagi Anda yang berusia di atas 35 tahunan.( iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kolesterol tinggi adalah kondisi yang sering dialami banyak orang. Ada berbagai kebiasaan yang menyebabkan kolesterol tinggi khususnya bagi Anda yang berusia di atas 35 tahunan. 

Biasanya tidak ada gejala tertentu yang menandakan adanya kolesterol tinggi, namun dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular jika diabaikan.

Anda perlu waspada bila kadar kolesterol Anda tinggi karena risiko berbagai penyakit serius seperti hipertensi, diabetes atau stroke meningkat. Banyak faktor yang bisa menjadi dalang dari tingginya kadar kolesterol, salah satunya faktor penuaan.

Namun, kondisi tingginya kadar kolesterol Anda bisa juga dipengaruhi oleh faktor gaya hidup atau kebiasaan yang Anda tidak sadari. Melansir berbagai sumber, berikut 5 kebiasaan yang menyebabkan kolesterol.

1. Merokok

Warga  merokok diatas kendaraan roda dua, Jakarta, 3 Maret 2019. Selama bulan Maret lalu Polda Metro Jaya telah menilang pengedera yang kedapatan merokok ketika berkendara sesuai dengan pasal  pasal 283 UU Nomor 22 Tahun 2009. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika
ilustrasi merokok

Merokok membuat kolesterol LDL Anda lengket sehingga menempel pada dinding arteri Anda dan menyumbatnya.

Mengutip WebMD, merokok dapat menurunkan kadar kolesterol HDL Anda, yang biasanya menghilangkan kolesterol dari dinding arteri. Merokok juga dapat merusak dinding arteri Anda, dan kolesterol terkumpul di area yang rusak.

2. Minum terlalu banyak alkohol

Ilustrasi merokokFoto: morgueFile/DodgertonSkillhause
Ilustrasi merokok
Foto: iStock/Instants
Ilustrasi minuman beralkohol

Mengonsumsi terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan kadar kolesterol Anda meningkat dan berbahaya bagi Anda. Alkohol dipecah di hati Anda dan direkonstruksi sebagai kolesterol dan trigliserida. Semakin banyak Anda minum, semakin tinggi kadar kolesterol dan trigliserida Anda.

Ini menjadi salah satu kebiasaan yang menyebabkan kolesterol.

3. Terlalu banyak konsumsi gula

Ilustrasi mencemil makananFoto: iStock/monkeybusinessimages
Ilustrasi makan makanan manis

Lemak jenuh sering dituding sebagai penyebab diet utama penyakit jantung. Tetapi terlalu banyak gula juga menjadi salah satu penyebabnya. Mengonsumsi makanan terlalu manis menyebabkan hati Anda membuat lebih banyak kolesterol LDL dan trigliserida, dan lebih sedikit kolesterol HDL.

4. Kebanyakan duduk dan mager

Ilustrasi KetidakpastianFoto: Dok. Death to The Stock Photo
Ilustrasi duduk

Duduk berjam-jam tidak baik untuk kesehatan Anda. Ini terkait dengan obesitas, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi.

Ketika Anda duduk terlalu lama, enzim yang mengubah kolesterol LDL berbahaya menjadi kolesterol HDL baik turun 95%. Berdiri setidaknya setiap 30 menit dan berjalan kaki 5 menit setiap jam demi melindungi hati Anda.

5. Minum kopi tanpa filter

Ilustrasi perempuan minum kopiFoto: Ed Gregory
Ilustrasi perempuan minum kopi

Kopi yang dibuat dari french press, kopi Turki, atau kebiasaan meminum espresso dapat menimbulkan masalah bagi kolesterol Anda. Kopi ini tidak menggunakan filter, sehingga senyawa berminyak dalam biji yang disebut diterpen meresap ke dalam cangkir Anda.

Minyak ini dapat meningkatkan kolesterol LDL.

Meskipun satu atau dua porsi sehari tidak bermasalah, para ahli merekomendasikan tidak lebih dari empat kopi tanpa filter sehari. Hal ini juga menjadi salah satu kebiasaan yang menyebabkan kolesterol.

(del/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER