Bukan Mistis, Mandi Kembang Ternyata Bermanfaat Buat Kesehatan Mental

tim | CNN Indonesia
Minggu, 31 Jul 2022 14:55 WIB
Mandi kembang ternyata bukan cuma sekadar gaya-gayaan agar terlihat bak putri raja. Namun kenyataannya, mandi kembang juga punya banyak banyak manfaat. Mandi kembang ternyata bukan cuma sekadar gaya-gayaan agar terlihat bak putri raja. Namun kenyataannya, mandi kembang juga punya banyak banyak manfaat. (IStockphoto/phototake)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mandi kembang ternyata bukan cuma sekadar gaya-gayaan agar terlihat bak putri raja. Namun kenyataannya, mandi kembang juga punya banyak banyak manfaat.

Saat berkunjung ke taman bunga, Anda mungkin akan merasa tenang, damai, dan nyaman. Warna-warna lembut, bentuk yang cantik, serta aroma harum dari bunga semakin membuat perasaan nyaman.

Ternyata, bunga memang bisa jadi penyembuh berbagai masalah mental yang dialami seseorang. Mulai dari stres patah hati, sulit tidur hingga masalah pengendalian emosi bisa diselesaikan dengan menggunakan bunga.

Astro Psychology & Bach Flower Practitioner di klinik KamiRawat, Alva Paramitha mengatakan metode penyembuhan kesehatan mental dengan menggunakan bunga ini dikenal dengan metode Bach Flowers Remedy.

Ini adalah sistem pengobatan dengan menggunakan energi dari 38 jenis bunga untuk menyeimbangkan emosi.

"Bach flower merupakan sebuah teknik penyembuhan emosi balance. Dimana memanfaatkan sebuah energi bunga. Jadi semuanya itu energi bunga yang disimpan di dalam air. Diminum, sehingga masuk ke tubuh," kata Alva saat hadir di acara Launching KamiRawat, Jumat (22/7).

Dengan meminum racikan air bunga ini, maka aromanya bisa langsung masuk ke tubuh. Diklaim lebih efektif dibandingkan hanya untuk aromatherapy.

Bukan hanya itu, racikan air bunga yang diberikan pada pasien juga dibuat mendadak. Para pasien yang datang dan melakukan konseling akan dianalisis permasalahan yang dihadapi.

"Baru setelah itu diambil air bunga mana yang pas untuk dia. Karena yang harus diketahui setiap bunga itu punya kemampuan menyembuhkan yang berbeda," kata dia.

Metode ini juga bisa jadi penjelasan kenapa orang sejak dulu senang mandi bunga atau berendam di air bunga. Ini bisa jadi dilakukan lantaran mandi bunga bisa meredakan stres yang tengah dialami seseorang.

Kata Alva, bunga memang memiliki kekuatan energi yang bisa meredam stres. Saat seseorang stres, akan terjadi penurunan megahertz hingga 60-80 dalam diri mereka. Dan bunga bisa menyalurkan frekuensi yang sempat berkurang itu.

"Misalnya mawar, dia punya frekuensi paling tinggi 368 megahertz. Nah dia pasti akan menyuplai energi ke tubuh kita," ungkapnya.

Meski begitu, Alva tidak merinci jenis bunga apa saja dari 38 bunga yang bisa menyembuhkan masalah mental seseorang.

Gif banner Allo BankFoto: Dok. Allo Bank
https://qrco.de/cnnmedia
(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER