PEKAN ASI SEDUNIA

7 Makanan untuk Ibu Menyusui, Bikin Produksi ASI Lancar

CNN Indonesia
Selasa, 02 Agu 2022 14:46 WIB
Minimnya produksi ASI jadi salah satu masalah yang kerap dialami ibu menyusui. Dalam kondisi ibu, mungkin ibu membutuhkan beberapa ASI booster alami. Ilustrasi. Oatmeal jadi salah satu makanan untuk ibu menyusui yang bisa membantu memperlancar ASI. (Istockphoto/ 4nadia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Minimnya produksi ASI jadi salah satu masalah yang kerap dialami ibu menyusui. Dalam kondisi ibu, mungkin ibu membutuhkan beberapa ASI booster alami.

Banyak faktor yang membuat produksi ASI jadi berkurang. Mulai dari konsumsi obat-obatan tertentu hingga gangguan hormon.

Untuk mengatasinya, sebagian ibu menjadikan susu formula sebagai solusi.

Namun, susu formula saja tak cukup. Ibu membutuhkan asupan lain yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI.

Berikut beberapa makanan untuk ibu menyusui yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI, melansir Very Well Family.

1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh sangat bergizi untuk ibu menyusui. Makanan ini disebut mampu mendukung hormon yang bertanggung jawab dalam produksi ASI.

Anda bisa rutin mengonsumsi oatmeal sebagai ASI booster alami. Anda juga bisa mencoba beras merah, kue gandum, atau makanan lain yang terbuat dari biji-bijian utuh.

2. Sayuran hijau

Closeup of cah kangkung, kangkong, or water spinach stirred.Ilustrasi. Kangkung jadi salah satu ASI booster alami. (iStockphoto/ferlistockphoto)

Sayuran berdaun hijau seperti selada, kangkung, bayam, dan brokoli kaya akan nutrisi, terutama kalsium. Sayuran ini juga mengandung fitoestrogen yang memberikan dampak positif terhadap produksi ASI.

3. Biji adas

Makanan untuk ibu menyusui selanjutnya adalah biji adas. Selain menambahkan rasa, adas juga bisa membantu ibu memproduksi lebih banyak ASI akibat kandungan estrogen-nya.

4. Bawang putih

Bawang putih jadi bumbu dapur yang hampir selalu ada dalam setiap sajian. Selain bergizi, bawang putih juga diyakini sebagai galactagogue yang membantu ibu menyusui memproduksi lebih banyak ASI.

Ibu tak perlu khawatir karena baunya yang menyengat. Penelitian menunjukkan, susu dengan aroma bawang putih membantu menjaga bayi mau disusui dalam waktu lebih lama.

Namun, hentikan konsumsi bawang putih jika anak memperlihatkan gejala intoleransi.

5. Buncis

Sejak zaman Mesir kuno, ibu menyusui telah rutin mengonsumsi buncis untuk memproduksi ASI.

Selain kaya protein, buncis juga mengandung estrogen yang bertanggung jawab dalam produksi ASI.

6. Biji wijen

Biji wijen mengandung kalsium dan estrogen yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI.

7. Almond

Kacang-kacangan, terutama almond, kaya akan protein dan kalsium. Banyak ibu menyusui mengonsumsi almond untuk meningkatkan rasa dan jumlah ASI mereka.

Demikian beberapa ASI booster alami yang bisa Anda coba.

(asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER