Apa Saja yang Tak Boleh Dimakan Saat Kolesterol Tinggi?

CNN Indonesia
Kamis, 04 Agu 2022 21:33 WIB
Kolesterol tinggi berkaitan erat dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Ada sejumlah makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi berkaitan erat dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Ada sejumlah makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat kolesterol tinggi.(iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kolesterol tinggi berkaitan erat dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tapi apa saja yang tidak boleh dimakan saat kolesterol tinggi?

Kolesterol memang sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan masalah kesehatan serius pada tubuh Anda. Mulai dari masalah diabetes, stroke, hingga penyakit jantung koroner yang bisa berujung kematian.

Untuk itu, menghindari makanan tinggi kolesterol sangat dianjurkan. Ini dilakukan agar tubuh Anda bisa kembali bugar dengan kadar kolesterol yang normal.

Lantas, apa saja makanan yang harus dihindari saat kolesterol tinggi?

Berikut ini beberapa makanan pantangan kolesterol yang wajib Anda hindari:

1. Gorengan

Gorengan tempe, Indonesian fried tempe snack, served with sambal or chili sauce and chilli pepper, served on wooden plateFoto: iStockphoto/airdone
Gorengan tempe,

Kentang goreng, ayam goreng dengan kulit, bakwan goreng memang sangat enak. Tapi jenis makanan ini memiliki jumlah lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi.

Melansir Cleveland Clinic, daripada makan ayam goreng dengan kulit dan tepung super tebal, lebih baik makan ayam panggang atau kalkun tanpa kulit dan kentang panggang.

2. Daging merah

Japanese man slicing meatFoto: iStockphoto/kazuma seki
ilustrasi daging

Steak, iga, daging babi dan daging giling memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Sebaiknya, gunakan daging giling tanpa lemak, potongan daging tanpa lemak, dan fokus pada sumber protein hewani rendah lemak, seperti unggas panggang tanpa kulit atau daging giling tanpa lemak.

3. Baked bread dan makanan manis

Ilustrasi makanan penutupFoto: Jan Vasek/Jeshoots
Ilustrasi makanan penutup

Cookies, cake, dan donat biasanya mengandung mentega yang membuatnya tinggi lemak jenuh dan kolesterol. Mereka juga cenderung penuh gula,yang dapat menyebabkan tingginya kadar trigliserida darah, lemak darah tidak sehat (lipid) yang dapat menjadi faktor risiko penyakit jantung koroner. Ini termasuk makanan apa saja yang tidak boleh dimakan saat kolesterol tinggi.

4. Daging olahan

Ilustrasi barbekyuFoto: morgueFile/frolicsomepl
Ilustrasi sosis

Melansir Harvard Edu, daging olahan seperti sosis, bacon, hingga potongan daging berlemak cenderung tinggi kolesterol dan lemak jenuh. Bacon dan sosis dari kalkun atau ayam mungkin tampak lebih sehat, tetapi tetap tidak bebas kolesterol.

5. Keju dan susu tinggi lemak

Ilustrasi keju parmesanFoto: Pixabay/kakuko
Ilustrasi keju

Susu, mentega, yogurt, dan keju mengandung lemak jenuh yang tinggi. Keju juga cenderung tinggi sodium. Batasi konsumsi makanan ini agar kolesterol dalam darah tidak semakin tinggi.

Itulah makanan apa saja yang tidak boleh dimakan saat kolesterol tinggi. 

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER