5 Kebiasaan agar Cepat Hamil, Kurangi Ngopi dan Perbanyak Bercinta

CNN Indonesia
Jumat, 12 Agu 2022 21:52 WIB
Kehamilan bukan cuma soal berdoa dan menunggu, tetapi juga melakukan berbagai upaya. Ada beberapa kebiasaan yang perlu dipelihara agar cepat hamil. Ilustrasi. Ada beberapa kebiasaan yang perlu dipelihara agar cepat hamil. (iStockphoto/:chee gin tan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kehamilan bukan cuma soal berdoa dan menunggu, tetapi juga melakukan berbagai upaya untuk mengusahakannya. Ada beberapa kebiasaan yang perlu dipelihara agar cepat hamil.

Gaya hidup jelas berpengaruh pada peluang kehamilan selain kesuburan. Sebaiknya, hindari kebiasaan-kebiasaan kurang sehat dan kontraproduktif dengan tujuan Anda.

Kebiasaan agar Cepat Hamil

Ada beberapa kebiasaan yang meningkatkan peluang untuk hamil. Berikut diantaranya, mengutip berbagai sumber.

1. Tidur cukup dan berkualitas

Sebaiknya cek lagi waktu di tidur Anda. Jika kuantitas dan kualitas tidur kurang, maka kesuburan bisa terganggu.

Seperti dikutip dari Very Well Family, riset menunjukkan, sistem reproduksi bisa terganggu akibat aktivasi hipotalamus hipofisis adrenal (HPA) dan disritmia sirkadian. Studi lain menunjukkan angka keguguran yang meningkat pada perempuan yang bekerja di malam hari.

Selain itu, kurang tidur juga bisa memicu kelebihan berat badan. Pada perempuan, kelebihan berat badan akan menimbulkan masalah saat ovulasi. Sedangkan pada pria, overweight bisa mengganggu kesehatan sperma.

2. Batasi konsumsi kafein

Membatasi asupan kafein jadi salah satu kebiasaan yang perlu dipelihara agar cepat hamil. Penelitian menemukan, asupan kafein tinggi bisa meningkatkan risiko keguguran.

Selain kopi, kafein juga terdapat pada teh dan minuman soda meski dalam jumlah kecil.

American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) menyarankan asupan kafein tidak lebih dari 200 mg per hari. Ini setara dengan 150 gram bubuk kopi.

3. Olahraga

ilustrasi olahraga plankIlustrasi. Rutin berolahraga jadi salah satu kebiasaan agar cepat hamil. (iStockphoto/eternalcreative)

Olahraga dapat meningkatkan kesuburan. Kebiasaan olahraga bisa meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

Namun, tak ada olahraga yang spesifik yang mempercepat kehamilan. Olahraga apapun bisa dilakukan, termasuk yang paling sederhana seperti berjalan kaki.

Intinya, Anda cuma perlu lebih banyak bergerak.

4. Perbanyak bercinta

Kebiasaan-kebiasaan yang menyehatkan perlu diimbangi dengan peningkatan frekuensi bercinta. Sesi bercinta dengan penetrasi perlu diperbanyak jika Anda ingin cepat hamil.

Seperti dikutip dari Medical New Today, sebaiknya bercinta dilakukan di masa subur perempuan. Kapan masa subur perempuan?

Umumnya puncak masa subur jatuh pada lima hari sebelum ovulasi dan 2-3 hari setelah ovulasi. Sementara itu, masa subur terjadi pada 10-16 hari setelah menstruasi dengan siklus normal 28 hari.

Anda pun bisa berhubungan seks setiap hari atau dua hari sekali di masa subur agar cepat hamil.

5. Menggunakan pelumas yang aman buat kesuburan

Pelumas jadi salah satu elemen dalam bercinta yang bisa menjamin seks minim rasa sakit. Namun, tidak semua pelumas memiliki bahan yang aman, apalagi jika Anda sedang program hamil.

Anda perlu menghindari pelumas berbahan dasar air. Motilitas (pergerakan) sperma bisa terhambat hingga 100 persen jika Anda menggunakannya.

Selain pelumas di pasaran, Anda bisa menggunakan pelumas alami seperti minyak canola dan putih telur.

Demikian beberapa kebiasaan yang perlu dipelihara agar cepat hamil.

(els/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER