Apa Gejala Cacar Monyet yang Paling Utama?

CNN Indonesia
Selasa, 16 Agu 2022 20:58 WIB
Ada sejumlah gejala cacar monyet yang umum dialami banyak pasien. Namun, apa gejala utama cacar monyet? Ilustrasi. Gejala utama cacar monyet adalah munculnya bintik dan lenting bernanah pada kulit. (iStockphoto/Bill Oxford)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada beberapa gejala cacar monyet yang umum muncul dialami banyak pasien. Namun, yang utama adalah bintik dan lenting bernanah pada kulit.

Gejala ini mirip dengan cacar air biasa. Hanya saja, ada sedikit perbedaan diantaranya keduanya yang bisa Anda perhatikan.

Ketua Satgas Cacar Monyet PB IDI Hanny Nilasari mengatakan, lenting dan bintik bernanah memang hampir mirip dengan cacar air dan penyakit kulit lain. Hanya saja, lenting dan bintik pada cacar monyet kebanyakan muncul di wajah. Bahkan, menurutnya, sekitar 50 persen virus penyebab cacar monyet umumnya menyerang wajah.

Selain wajah, gejala cacar monyet juga bisa muncul pada bagian tubuh lainnya seperti telapak tangan dan kaki, perut, badan, punggung, dan area genital.

"Monkeypox umumnya menyerang wajah, biasanya ada di wajah dan kemudian diikuti pangkal tubuh, seperti lengan, perut, punggung sampai telapak tangan dan kaki," kata Hanny dalam diskusi daring, beberapa waktu lalu.

Bukan hanya itu, lenting dan bintik bernanah ini juga muncul di mukosa, yakni di dalam mulut dan mata. Biasanya, bintik-bintik itu juga muncul bergerombol dengan jarak yang saling berdekatan.

Meski demikian, Hanny menegaskan bahwa cacar monyet adalah jenis penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya, meski waktu sakit umumnya membutuhkan durasi yang lama. Umumnya, dari terpapar, mengalami gejala hingga sembuh berlangsung hingga kurang lebih empat pekan.

Oleh karena itu, kata Hanny, upaya perlindungan diri dari virus ini harus tetap dilakukan. Salah satunya menghindari kontak langsung dengan orang bergejala, menerapkan hubungan seksual yang aman, menjaga kebersihan tangan, menggunakan masker, serta mempraktikkan etika batuk dan bersin yang benar.

"Tetap harus menjaga kesehatan dan kebersihan diri, juga harus memperkuat imunitas dengan makan-makanan sehat dan bergizi," kata dia.

Cacar monyet adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus langka. Penyakit ini menimbulkan gejala serupa flu seperti demam yang disertai ruam serta lenting bernanah.

Pictures showing examples of rashes and lesions caused by the monkeypox virus are seen in this handout image obtained from official Centres for Disease Control and Prevention (CDC) website on July 1, 2022. NHS England High Consequence Infectious Diseases Network/CDC/Handout via REUTERS   THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY.Ilustrasi. Gejala utama cacar monyet adalah bintik dan lenting bernanah pada kulit. (Via REUTERS/NHS ENGLAND HIGH CONSEQUENCE INF)

Penyakit ini ditularkan melalui kontak langsung lewat cairan orang yang terinfeksi, baik itu cairan dari luka atau tetesan pernapasan.

Berdasarkan data Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, hingga saat ini tercatat total lebih dari 30 ribu kasus cacar monyet di dunia yang dilaporkan di 88 negara.

Cacar monyet kembali ditemukan di negara non-endemik Inggris pada Mei lalu. Dari sana, cacar monyet terus menyebar ke sejumlah negara non-endemik.

Hingga saat ini, Indonesia belum melaporkan adanya kasus cacar monyet. Namun demikian, kewaspadaan tetap diperlukan, mengingat sejumlah negara tetangga seperti Singapura dan Thailand telah melaporkan kasus cacar monyet.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER