Zona Merah Covid Jakarta Bertambah, Pahami Gejala Covid Varian Baru

tim | CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 17:00 WIB
Zona merah covid Jakarta bertambah. Agar tak tertular kenali gejala covid varian baru omicron yang muncul. Zona merah covid Jakarta bertambah. Agar tak tertular kenali gejala covid varian baru omicron yang muncul.(iStock/AaronAmat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Zona merah covid Jakarta bertambah. Agar tak tertular kenali gejala covid varian baru omicron yang muncul.

Berdasarkan data corona.jakarta.go.id diakses di Jakarta, Selasa, RT zona merah Covid-19 paling banyak tersebar di Jakarta Utara dan Jakarta Barat masing-masing mencapai 10 RT.

Sedangkan di Jakarta Selatan ada empat RT serta Jakarta Pusat dan Jakarta Timur masing-masing dua RT zona merah.

Mengutip Antara, jumlah kasus positif Covid-19 hingga Senin (8/8) bertambah 2.300 kasus.

Bertambahnya zona merah covid Jakarta ini mengingatkan setiap orang untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Namun kenali gejala covid varian baru yaitu omicron yang beredar saat ini.

Apa ciri gejala covid terbaru?

Mengutip laman Kementerian Kesehatan RI, varian baru Omicron memicu gejala ringan seperti flu biasa, batuk, dan demam dengan tingkat penularan yang cepat.

Namun Anda perlu hati-hati sebab gejalanya tak selalu berupa batuk dan pilek tetapi juga gangguan pencernaan.

Salah satu gejala Covid-19 adalah diare. Anda mungkin menyangka diare kerap diakibatkan pilihan makanan yang terlalu pedas, makanan kurang higienis atau stres. Rupanya diare juga salah satu gejala Covid-19.

Ciri-ciri selanjutnya dari varian omicron adalah tingkat perawatan di rumah sakit lebih rendah, begitupun tingkat keparahannya juga lebih rendah. Sehingga pasien yang masuk ke rumah sakit lebih sedikit daripada pasien yang melaksanakan isolasi mandiri (Isoman).

"Yang perlu ke rumah sakit kalau ada Lansia atau komorbid nya banyak, itu ke rumah sakit. Dan cepat-cepatlah divaksin untuk memperkuat daya tahan tubuh dalam menghadapi varian baru," ucap Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Selain itu, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di mana pun Anda berada agar bisa mencegah munculnya infeksi dan gejala covid varian baru di tengah bertambahnya zona merah covid Jakarta. 

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER