Kolesterol Jangan Panik, Ada Daun untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

tim | CNN Indonesia
Senin, 15 Agu 2022 07:25 WIB
Jika Anda punya kolesterol tinggi, jangan panik. Ada daun untuk menurunkan kolesterol tinggi. Jika Anda punya kolesterol tinggi, jangan panik. Ada daun untuk menurunkan kolesterol tinggi.(kkolosov/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jika Anda punya kolesterol tinggi, jangan panik. Ada daun untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Beberapa jenis sayur bisa membantu Anda menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Kolesterol bisa menjadi masalah yang kompleks. Di satu sisi, tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk berbagai fungsi.

Di sisi lain, kolesterol yang terlalu tinggi bisa berbahaya dan meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit atau komplikasi terkait jantung.

"Kami menemukan lebih banyak tentang apa yang memengaruhi kadar kolesterol seseorang mulai dari genetika hingga pola makan hingga kebiasaan gaya hidup, dan menjadi lebih jelas bahwa genetika memainkan peran yang lebih besar dalam bagaimana tubuh memproses kolesterol dan risiko seseorang untuk kolesterol tinggi," kata ahli diet terdaftar Trista Best, di Balance One Suplemen dikutip dari Eat This.

"Namun, ada beberapa kebiasaan diet yang dapat memperburuk atau menyebabkan kolesterol tinggi."

Diet kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan lemak baik dapat membantu menurunkan apa yang kadang-kadang disebut 'kolesterol jahat' atau LDL.

Berikut beberapa jenis daun untuk menurunkan kolesterol tinggi:

1. Bayam

Sayur Bening Bayam, Spinach Clear Vegetable. Indonesian food of spinach, spinach soup with corn.Foto: iStockphoto/Tyas Indayanti
Sayur Bening Bayam,

Daun bayam punya banyak vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Hal ini terutama untuk mengelola kesehatan jantung.

"Serat dapat menurunkan kolesterol jahat yang beredar ke seluruh tubuh. Hal ini karena serat dan kolesterol akan saling menempel, sehingga dikeluarkan dari tubuh secara alami dan sekaligus menurunkan kolesterol," kata Best. 

"Beberapa sayuran berserat tinggi untuk dimasukkan ke dalam diet Anda untuk menurunkan kolesterol antara lain bayam. , wortel, dan berbagai sayuran seperti sawi dan lobak Swiss."

2. Daun teh hijau

tea cup with tea leavesFoto: iStockphoto/KMNPhoto
teh hijau

Mengutip NDTV, teh hijau baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Teh hijau sarat dengan antioksidan dan manfaat kesehatan lainnya yang membuatnya baik untuk kolesterol. Ini juga mengurangi risiko penyakit jantung. Ini juga menjadi daun untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Anda bisa mengonsumsi dua cangkir teh hijau dalam sehari. Ini juga akan mendukung penurunan berat badan, fungsi otak yang lebih baik dan mengurangi risiko diabetes.

3. Daun teh oolong

Dry tea leaves and hot drink in asian style cups. Oolong chinese tea in cha he. (iStockphoto/ninelutsk)Foto: iStockphoto/ninelutsk
Teh oolong untuk menurunkan kolesterol tinggi

Teh oolong baik untuk kesehatan jantung Anda. Ini mengurangi risiko mengembangkan kadar kolesterol jahat.

Ini dapat mencegah perkembangan kadar kolesterol jahat yang buruk. Teh oolong juga membantu dalam pengelolaan kadar gula darah. Faktor-faktor ini sama sekali mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Daun teh hitam

Ilustrasi TehFoto: Haneburger/Wikipedia
Ilustrasi Teh

Daun untuk menurunkan kolesterol tinggi yang lain adalah daun teh hitam. Teh hitam menurunkan kadar kolesterol jahat. Teh hitam juga akan mengontrol kadar gula darah Anda, mengontrol tekanan darah dan meningkatkan kesehatan usus.

5. Daun salam

daun salam, indonesian bay leafFoto: iStockphoto/bonchan
daun salam, untuk kolesterol tinggi

Daun salam yang dibikin sebagai teh atau dicampur sebagai bumbu makanan juga bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Ini juga termasuk salah satu daun untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Gif banner Allo BankFoto: Dok. Allo Bank

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER