Mitos vs Fakta Kondom, Pakai 2 Lapis Bisa Cegah HIV/AIDS?

CNN Indonesia
Jumat, 19 Agu 2022 21:37 WIB
Kondom adalah alat kontrasepsi paling murah dan mudah didapat. Dibalik keunggulannya, ada beberapa mitos tentang kondom yang bikin orang ogah memakainya. Ilustrasi. Ada banyak mitos tentang kondom yang salah kaprah. (Istockphoto/ PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di antara alat kontrasepsi lain, kondom adalah yang paling murah dan mudah didapat. Dibalik berbagai keunggulannya, ada saja mitos tentang kondom yang membuat orang ogah memakainya.

Faktanya, di luar sana tersebar banyak mitos yang sebenarnya salah kaprah. Berikut diantaranya.

1. Kondom bekas boleh dipakai lagi

Fakta: Kondom hanya sekali pakai. Pemakaian kondom bekas bisa memicu infeksi hingga kehamilan. Kenapa? Tak ada yang bisa memastikan kualitas kondom bekas. Bisa jadi kondom sudah rusak atau robek hingga mampu meloloskan sperma.

2. Pakai kondom bikin bercinta jadi tidak nikmat

Fakta: Baik kondom maupun alat kontrasepsi lain tak akan memengaruhi kenikmatan seks. Ari Waluyo, ahli obstetri dan ginekologi RS Mayapada, menyebut bahwa banyak studi telah membuktikannya.

Penggunaan alat kontrasepsi justru mengurangi kecemasan akan kehamilan, apalagi buat pasangan yang sedang menunda memiliki momongan.

Selain itu, kini desain kondom juga beragam. Mulai dari yang tebal hingga tipis, atau bertekstur hingga licin.

"Pasangan dapat lebih menikmati dalam berhubungan tanpa rasa cemas terjadi kehamilan," kata Ari pada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

3. Pasang kondom saat akan penetrasi saja

ilustrasi Bercinta, ilustrasi Hubungan Badan, ilustrasi Berhubungan Badan, ilustrasi Berhubungan Sex, ilustrasi Berhubungan Seks, ilustrasi Making Love, ilustrasi ML, ilustrasi Sex, ilustrasi SeksIlustrasi. Ada beberapa mitos tentang kondom yang tersebar di tengah masyarakat. (iStockphoto)

Fakta: Kondom sebaiknya dipasang meski belum akan penetrasi. Sperma tak hanya keluar saat orgasme, tapi juga sebelum penetrasi atau foreplay.

Selain itu, penggunaan kondom juga bisa melindungi tubuh dari ancaman penularan penyakit menular seksual, sehingga penting tetap memakainya meski belum penetrasi.

4. Yang penting pakai kondom, tak peduli ukurannya

Fakta: Kondom hadir dengan berbagai ukuran. Sebaiknya beli sesuai ukuran penis.

Kondom yang pas akan benar-benar memberikan perlindungan optimal. Kondom yang terlalu kecil akan terasa tidak nyaman, sedangkan yang longgar berisiko tersangkut di liang vagina.

5. Siap sedia bawa kondom di dompet

Fakta: Kondom tidak boleh disimpan di dompet. Kondom yang tertekuk dan bergesekan bisa memicu robekan kecil. Robekan yang nyaris tak terlihat ini bisa menimbulkan masalah saat digunakan.

Selain itu, dompet umumnya diletakkan di saku celana dan rentan terpapar panas tubuh dan lingkungan. Suhu panas berpotensi merusak kondom sehingga tak bisa menjalankan fungsi dengan semestinya.

6. Kondom pasti aman buat kulit

Fakta: Beberapa orang bisa mengalami alergi kondom, terutama yang berbahan lateks.

Pastikan bahan kondom sebelum membeli. Sebaiknya pilih kondom berbahan polyurethane, polyisoprene serta kulit domba.

Gejala alergi biasanya hanya muncul di area yang tersentuh kondom, antara lain gatal, kemerahan, benjolan, bengkak, dan ruam. Pada wanita, reaksi alergi bisa mengarah ke reaksi sistemik atau gejala muncul di luar area yang tersentuh kondom.

7. Sesi bercinta berlangsung kilat gara-gara kondom

Woman holding a condomIlustrasi. Ada beberapa mitos tentang kondom yang tersebar di tengah masyarakat. (Istockphoto/grinvalds)

Fakta: Alih-alih kilat, penggunaan kondom justru bikin pria bisa lebih tahan lama. Kondom akan mengurangi kontak langsung penis dengan liang vagina sehingga penetrasi bisa lebih lama dan memuaskan.

8. Kondom dua lapis bisa cegah HIV/AIDS

Fakta: Kondom dua lapis tidak bisa cegah HIV/AIDS. Justru kondom dua lapis akan meningkatkan risiko kondom robek karena bergesekan satu sama lain. Kalau merasa kurang aman, sebaiknya menggunakan kondom yang lebih tebal.

Sebaiknya gunakan pelumas untuk meminimalisir risiko robek meski kondom biasanya sudah sepaket dengan pelumas bawaan.

(els/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER