Keindahan Pantai Kelingking yang Patut Diacungi Jempol

tim | CNN Indonesia
Jumat, 19 Agu 2022 10:30 WIB
Jika Anda berniat mengunjungi Bali, Pantai Kelingking menjadi rekomendasi wisata yang patut disambangi, karena keindahan dan belum terlalu ramai wisatawan. Pantai Kelingking di Nusa Penida, Bali. (Foto: Getty Images/iStockphoto/raung)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pantai Kelingking menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi Anda yang menyukai suasana pantai dan laut saat berlibur. Pantai ini adalah tujuan wisata di Bali yang banyak disukai para turis, baik domestik maupun mancanegara.

Lokasi Pantai Kelingking berada di Pulau Nusa Penida Barat, Bali. Pantai ini memiliki pemandangan menakjubkan yang memanjakan mata. Di area pantainya terdapat tebing tempat kita bisa melihat samudera luas yang terpampang di depan mata.

Pasirnya putih bersih dan warna air laut yang biru jernih membuat Anda sulit beranjak dari Pantai Kelingking. Suara deru ombak merdu terdengar berkali-kali di telinga.

Tidak salah ketika sebuah situs perjalanan TripAdvisor menempatkan Pantai Kelingking sebagai salah satu pantai terbaik di dunia versi Travelers' Choice Awards 2019. Pantai Kelingking menduduki peringkat ke-19 dalam daftar tersebut.

Meski bernama Pantai Kelingking, obyek wisata ini patut sekiranya diacungi jempol karena pesona dan keindahan alamnya. Asal mula nama kelingking sendiri tidak lepas dari bentuk pantai ini yang dianggap mirip dengan bentuk jari kelingking.

Fakta tersebut menambah eksotisme pantai ini. Lokasi Pantai Kelingking tepatnya berada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Pulau Nusa Penida merupakan pulau kecil yang masih masuk bagian dari Provinsi Bali.

Wisatawan mengantre saat akan menyeberang ke Pulau Nusa Penida dengan menggunakan kapal cepat di Pelabuhan Sanur, Denpasar, Bali, Minggu (17/10/2021). Jumlah wisatawan yang menyeberang ke Pulau Nusa Penida melalui pelabuhan tersebut mengalami peningkatan sejak diberlakukannya PPKM level 3 dan didominasi wisatawan domestik meskipun pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara sudah dibuka pada Kamis (14/10/2021). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.Wisatawan hendak menyeberang ke Pulau Nusa Penida (Foto: Antara foto/Nyoman Hendra Wibowo)

Jika Anda berniat berlibur ke Bali, Pantai Kelingking merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan untuk disambangi. Pantai ini sesungguhnya surga tersembunyi dan belum ramai wisatawan yang berkunjung, sehingga pengalaman ke Pantai Kelingking bisa Anda abadikan sambil memamerkannya di media sosial.

Sebab, banyak spot foto yang bisa Anda eksplore. Lanskap Pantai Kelingking dijamin tidak akan membuat wisatawan kecewa, terutama bila melihat gradasi laut yang memesona. Anda seakan ingin menceburkan diri, tapi sayangnya berenang di Pantai Kelingking dilarang, karena ombaknya yang besar sehingga dianggap berbahaya.

Untuk berkunjung ke Pantai Kelingking, di Pulau Nusa Penida, sebenarnya tidak begitu sulit. Anda bisa naik kapal feri dari pelabuhan timur padang bai, dari pelabuhan kusamba klungkung atau dari Pantai Sanur. Butuh waktu sekitar 30-45 untuk sampai di Pulau Nusa Penida dengan fast boat dari Pantai Sanur.

Setelah sampai di Pelabuhan Nusa Penida, Anda perlu menyewa motor atau mobil untuk pergi ke Pantai Kelingking yang berjarak 25 km atau 45-60 menit waktu tempuh perjalanan. Harga tiket masuk Pantai Kelingking tergolong murah yakni hanya sebesar Rp5.000.

(wiw/wiw)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER