Penyakit Langka Diidap Bayi Tangerang, Apa Itu Penyakit Kawasaki?

tim | CNN Indonesia
Rabu, 21 Sep 2022 20:00 WIB
Penyakit langka kawasaki yang diawali dengan gejala demam dialami oleh bayi asal Tangerang dalam sebuah video viral. Apa itu penyakit kawasaki? Penyakit langka kawasaki yang diawali dengan gejala demam dialami oleh bayi asal Tangerang dalam sebuah video viral. Apa itu penyakit kawasaki? ( iStock/FatCamera)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyakit langka kawasaki yang diawali dengan gejala demam dialami oleh bayi asal Tangerang dalam sebuah video viral.

Bukan hanya penyakitnya, video itu juga menjelaskan bayi idap kawasaki tak dicover BPJS. Lantas apa sebenarnya penyakit kawasaki ini?

Pada awal 2019 lalu, penyakit kawasaki menyerang sekitar 50 anak di California, Amerika Serikat. Jika sudah parah dan telat ditangani penyakit ini bisa merusak jantung.

Penyakit kawasaki sendiri pertama kali ditemukan pada 1960-an di Jepang dan merambah ke Hawai pada 1970-an. Rata-rata penyakit kawasaki ini menyerang anak usia 6 bulan hingga 5 tahun. Tapi beberapa remaja juga diketahui mengalami penyakit ini.

Apa saja gejala penyakit yang jika bayi idap kawasaki tak dicover BPJS?

Gejala yang dialami anak-anak umumnya mirip dengan sakit biasa. Namun akan muncul bengkak pada tangan dan kaki. Berikut beberapa gejala penyakit kawasaki:

- Demam
- Muncul ruam merah
- Mata merah
- Bengkak pada kelenjar getah bening
- Bengkak di tangan dan kaki
- Bibir merah dan pecah-pecah
- Kulit terkelupas di sekitar jari tangan karena terjadi pembengkakkan.

Penyakit kawasaki bisa mengalami komplikasi yang serius jika tidak ditangani segera. Komplikasi ini disebut aneurisma arteri koroner.

Hal ini bisa terjadi karena kantung-kantung kecil yang membengkak di arteri yang memasok darah ke jantung. Ketika ini terjadi menyebabkan pembekuan dan menghambat aliran darah hingga menyebabkan serangan jantung.

Penyebab penyakit kawasaki

Penyakit ini disebut sebagai masalah autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh tak berfungsi dengan baik. Efeknya imun terlalu aktif dan
menyerang kekebalan tubuh sendiri.

Di sisi lain ada teori lain yang menyebut bahwa penyakit ini disebabkan aliran udara yang menyeberangi Samudera Pasifik dari Asia ke San Diego. Ini berkaitan dengan temperatur saat siang dan malam yang lebih tinggi dari biasanya.

Hal yang pasti adalah para ahli hingga saat ini belum mengetahui pasti penyebab penyakit kawasaki ini. Namun dapat dipastikan bahwa penyakit kawasaki tidak menular dan tidak akan memburuk jika ditangani dengan cepat.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER