Bukan Cuma Wajah, 6 Area Tubuh Ini Juga Butuh Tabir Surya

CNN Indonesia
Senin, 26 Sep 2022 05:33 WIB
Masih banyak orang luput mengoleskan tabir surya pada bagian tubuh tertentu. Padahal, tak cuma wajah yang butuh tabir surya, tapi juga area tubuh yang lain. Ilustrasi. Tak cuma wajah yang butuh tabir surya, tapi juga area tubuh yang lain. (Istockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bukan rahasia lagi, tabir surya melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih. Sayangnya, masih banyak orang yang luput mengoleskan tabir surya pada bagian tubuh tertentu.

Umumnya, banyak orang hanya mengaplikasikan tabir surya di kulit wajah. Padahal, area kulit lainnya juga tak kalah penting. Mengutip Healthline, beberapa area kulit lain juga rentan mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Oleh karenanya, penting untuk mengaplikasikan tabir surya pada bagian-bagian kulit lain selain wajah.

Setiap orang umumnya disarankan menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau lebih. Oleskan tabir surya setiap 2-3 jam sekali jika Anda lebih banyak beraktivitas di luar ruangan.

Mengutip beberapa sumber, berikut adalah beberapa area tubuh yang paling umum dilupakan saat memakai tabir surya.

1. Samping dan belakang leher

Beberapa dari mereka yang rajin menggunakan tabir surya di wajah sering kali mengabaikan pemakaian pada bagian leher. Tak hanya sisi depan leher, sisi belakang leher pun sangat rentan terhadap paparan sinar matahari yang dapat merusak kulit.

2. Dada bagian atas

Beberapa orang sering menggunakan baju atasan yang tidak menutupi seluruh area dada. Sayangnya, area dada yang terbuka ini kerap kali tak diolesi tabir surya saat beraktivitas.

3. Daun telinga

A Japanese woman's left ear.Ilustrasi. Daun telinga juga perlu diolesi tabir surya. (Istockphoto/kokouu)

Penelitian menemukan, kulit bagian telinga paling sering menjadi lokasi berkembangnya sel kanker yang terjadi akibat paparan sinar matahari.

Mengutip Cleveland Clinic, kanker kulit dapat terjadi pada setiap bagian dari telinga, termasuk bagian telinga yang relatif terlindungi dari sinar matahari.

4. Kelopak mata

Cara terbaik untuk melindungi kelopak mata dari paparan sinar matahari adalah dengan menggunakan kacamata hitam. Namun, untuk menghindari timbulnya garis halus di bagian mata, Anda dapat menggunakan krim mata yang mengandung SPF atau tabir surya mineral.

5. Bibir

Bibir juga penting untuk dilindungi dari paparan sinar UV dengan lip balm yang mengandung SPF. Kanker kulit pada bibir paling sering terjadi pada orang berusia 50 tahun ke atas.

Pastikan untuk mengoleskan lip balm dengan SPF kembali setelah makan atau minum.

6. Bagian atas tangan dan kaki

Bagian atas tangan sangat rentan terhadap kerusakan jangka panjang akibat paparan sinar UV dan risiko kanker kulit.

Bahkan di hari yang mendung, penting untuk melindungi tangan dengan tabir surya, terutama saat melakukan aktivitas di luar.

Sementara itu, bagian atas kaki juga harus dilindungi dengan tabir surya karena area tersebut dianggap rentan terhadap sinar matahari.

(del/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER