5 Kebiasaan yang Bikin Gigi Tonggos, Awas yang Suka Tidur Tengkurap

CNN Indonesia
Rabu, 28 Sep 2022 05:42 WIB
Gigi yang maju ke depan atau tonggos bisa menurunkan rasa percaya diri. Ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan gigi tonggos. Berikut diantaranya. Ilustrasi. Ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan gigi tonggos. (Istockphoto/LuckyBusiness)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gigi bisa menjadi tonggos atau maju yang membuat Anda kurang percaya diri. Ternyata ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan gigi tonggos.

Gigi tonggos atau maju bisa dialami siapa saja. Umumnya, keadaan ini terjadi sejak kecil tapi tidak jarang yang mengalami gigi tonggos saat usia sudah dewasa.

Penyebab gigi tonggos

Genetika dapat menjadi faktor utama yang membuat gigi Anda tonggos. Tetapi, ada beberapa kebiasaan yang dapat berkontribusi pada bentuk rahang dan gigi yang tonggos.

Beberapa kebiasaan ini bahkan sering tidak Anda sadari dilakukan sehari-hari. Berikut beberapa kebiasaannya.

1. Tidak merawat gigi dengan benar

Mengutip Healthline, jarang melakukan pemeriksaan gigi ke dokter bisa membawa masalah. Minimal lakukan pemeriksaan tahunan ke dokter gigi.

Masalah kesehatan bisa dialami saat gigi jarang diperiksa, misalnya gigi berlubang atau bergeser maju dan menjadi tonggos.

2. Asupan nutrisi buruk

Gizi buruk, terutama pada anak-anak, dapat menyebabkan kerusakan gigi dan perkembangan gigi yang buruk. Kondisi ini merupakan prekursor potensial penyebab gigi tonggos.

3. Sering mengisap jempol atau benda lain

ilustrasi empeng bayIIlustrasi. Sering mengisap dot saat kecil, kebiasaan yang menyebabkan gigi tonggos. (istockphoto/Image Source)

Kebiasaan ini umumnya dilakukan saat masih kecil. Terlalu lama mengisap jempol atau dot bisa membuat gigi maju atau tonggos.

Mengutip WebMd, menggunakan dot di atas usia tiga tahun dapat berkontribusi pada posisi gigi yang tidak tepat.

4. Tidur tengkurap

Tidur tengkurap ternyata membuat gigi dan rahang bekerja ekstra untuk menahan dagu dan wajah di tempat tidur. Mengutip berbagai sumber, hal ini bisa menimbulkan ketidaksejajaran rahang atau gigi.

5. Bungkuk

Secara khusus, membungkuk ke depan ternyata bisa memberikan tekanan pada struktur mulut, terutama jika dilakukan dalam waktu yang lama. Dengan demikian, gigi bisa berubah maju dan tonggos.

Itulah kebiasaan yang menyebabkan gigi tonggos. Hindari jika Anda ingin memiliki senyum sempurna sepanjang hari.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER