HIV Menular dari Tusuk Gigi, Mitos atau Fakta?

tim | CNN Indonesia
Senin, 29 Agu 2022 07:35 WIB
Bisakah HIV menular dari tusuk gigi? Ini penjelasannya. Bisakah HIV menular dari tusuk gigi? Ini penjelasannya. (Istockphoto/ Jarun011)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bisakah HIV menular dari tusuk gigi?

Berbagai mitos soal penyebaran hiv masih banyak yang salah kaprah. Bahkan salah satunya adalah HIV menular dari tusuk gigi. Namun ini mitos atau fakta?

Ahli penyakit tropik dan infeksi RSCM Erni Juwita Nelwan mengungkapkan bahwa ini risiko tusuk gigi menyebarkan HIV ini sangatlah kecil.

"Pada prinsipnya, untuk HIV saya katakan mitos. Kalaupun mungkin ada, kita kan nggak menggunakan tusuk gigi secara bergantian ya," jelas Erni dalam program e-Life detikcom, Jumat (26/8/2022).

Saliva atau air ludah memang bisa menjadi tempat bersarangnya HIV. Namun demikian, HIV tidak serta-merta bisa menempel dan bertahan hidup terlalu lama di tusuk gigi.

"Kalaupun ada, jumlah virusnya sangat-sangat sedikit untuk bisa menularkan," jelas Erni.

HIV menular dari tusuk gigi ini tentunya mengingatkan pada HIV menular melalui jarum di bioskop. Risikonya bisa saja terjadi namun potensinya sangat kecil karena virus tak bisa bertahan di benda mati dalam waktu lama dan untuk tusuk gigi, tentunya tusuk gigi tak digunakan bergantian dengan orang lain, sekalipun itu dengan orang yang sehat.

Selain itu masih ada hoaks atau berita miring soal HIV misalnya tak boleh berinteraksi dengan orang HIV, HIV pasti jadi AIDS, sampai pasien HIV sebaiknya tak punya anak. 

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER