Tak Melulu Liburan, Apa Itu Self Healing dan Cara Tepat Melakukannya

tim | CNN Indonesia
Minggu, 02 Okt 2022 10:00 WIB
Istilah self healing kerap digunakan untuk mengungkapkan kegiatan menyenangkan demi melepas stres. Namun, apa itu self healing dan bagaimana cara melakukannya? Ilustrasi. Istilah self healing kerap digunakan untuk mengungkapkan kegiatan menyenangkan demi melepas stres. Namun, apa itu self healing dan bagaimana cara melakukannya? (Foto: adamkontor/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Self healing sering kita dengar belakangan ini. Istilah tersebut banyak digunakan khususnya oleh para anak muda untuk mengungkapkan hal atau kegiatan yang menyenangkan seperti liburan demi melepas stres.

Namun sebenarnya, apa itu self healing? Lantas bagaimana cara yang tepat untuk melakukan self healing pada diri sendiri. Berikut penjelasannya.


Pengertian Self Healing

Cambridge Dictionary menuliskan self healing punya dua pengertian. Pertama, self healing sebagai proses menjadi sehat atau pulih setelah sakit dan cedera.

Kedua, self healing sebagai proses penyembuhan pada diri seseorang setelah mengalami hal-hal yang menyakitkan secara emosional.

Sementara Merriam-webster mendefinisikan self healing adalah suatu tindakan atau proses pemulihan diri sendiri.

Mengutip penuturan psikolog Universitas Airlangga (UNAIR) Primatia Yogi Wulandari, self healing adalah upaya untuk menyembuhkan luka batin.

Ia menjelaskan bahwa self healing sebenarnya teknik atau intervensi, yang dilakukan seseorang ketika mengalami masalah atau gangguan psikologis.

Self healing sendiri diperlukan apabila seseorang mengalami pikiran atau perasaan yang mengganggu aktivitas sehari-hari.


Ciri-Ciri Perlu Self Healing

Selain menjelaskan tentang apa itu self healing, ciri-ciri seseorang yang perlu melakukan self healing ini bisa diketahui dari sinyal fisik seperti berikut.

  • Merasa segala sesuatu menjadi membosankan.
  • Kehilangan konsentrasi dan susah untuk fokus mengerjakan sesuatu.
  • Merasa cemas bahkan tidak tahu sumber kecemasannya dari mana.
  • Mudah lelah tanpa sebab.
  • Sulit tertidur nyenyak.
  • Mempunyai keluhan fisik tanpa penyebab yang jelas.


Cara Tepat untuk Self Healing

beautiful happy girl with closed eyes practicing yoga in lotus position in bedroom in the morningIlustrasi. Cara melakukan self healing (Foto: iStockphoto/LightFieldStudios)

Tidak semua orang bisa mengobati luka batinnya sendiri. Meskipun ada sebagian orang yang mampu melakukannya, tetapi proses tersebut tetap tidak akan tuntas sepenuhnya.

Selain itu, self healing tak melulu identik dengan liburan ataupun jalan-jalan. Ada cara yang bisa dilakukan untuk melakukan self healing dengan tepat. Anda dapat mencoba menerapkan hal-hal berikut.

1. Relaksasi pernapasan

Relaksasi pernapasan adalah cara paling sederhana untuk membantu menenangkan pikiran dan emosi, terutama saat Anda berada di fase self healing.

Cobalah posisikan tubuh sambil berbaring atau duduk sesuai kenyamanan Anda. Kemudian mulai tarik napas perlahan melalui hidung dan keluarkan lewat mulut.

Anda dapat melakukan relaksasi pernapasan ini selama 5-10 menit secara berulang, sampai tubuh dan pikiran terasa lebih rileks.


2. Refleksi

Refleksi merupakan salah satu cara sangat penting yang perlu dilakukan selama penyembuhan diri. Ini adalah proses menafsirkan pengalaman yang dirasakan mereka.

Melalui refleksi, seseorang dapat mengenali pikiran dan perasaan negatif dalam dirinya sendiri sehingga nanti mereka diharapkan mau menerima hal tersebut.

Misalnya, menerima kenyataan bahwa anggota keluarga meninggal, siap menerima diri sendiri dalam kondisi sakit, atau hal-hal lain yang mungkin kurang menyenangkan.


3. Me time

Me time adalah meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri secara penuh. Saat me time, cobalah untuk sejenak tidak memikirkan orang lain selain diri Anda sendiri.

Posisikan bahwa diri Anda merupakan pusat dari semua kehidupan dan sumber kebahagiaan, sedangkan orang lain hanya pelengkap dalam menjalani kehidupan.

Aktivitas mengisi me time bisa bermacam-macam dan belum tentu semua orang melakukan atau senang terhadap hal yang sama. Misalnya, merawat diri, menulis di jurnal, berolahraga, melakukan kegiatan sesuai hobi, travelling, workshop, dan banyak lagi.


4. Meditasi

Alternatif untuk melakukan self healing yaitu meditasi. Meditasi termasuk bagian dari yoga, berupa latihan yang bisa membantu menjernihkan pikiran dan menenangkan tubuh.

Anda dapat melakukan meditasi di tempat khusus yoga atau private class supaya lebih fokus. Selama meditasi jaga pikiran Anda tetap fokus pada hal-hal positif. Selain itu, jangan merasa terburu-buru melainkan harus tetap tenang dan santai.


5. Minta pendampingan

Apabila cara sebelumnya belum cukup ampuh dalam proses penyembuhan diri, jangan ragu untuk minta pendampingan dari psikolog.

Sebab orang-orang yang sedang self healing membutuhkan pendampingan langsung, karena mereka akan merasa nyaman jika ada saran yang jelas tentang apa yang perlu dilakukan.

Self healing yang dibantu tenaga profesional seperti psikolog dinilai akan lebih membantu kliennya untuk menemukan kekuatan pribadi mereka supaya bisa segera sembuh.

Itulah penjelasan mengenai apa itu self healing dan cara tepat untuk melakukannya.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER