Kontemplasi Adaptasi dan Optimisme Manusia di Sapto Djojokartiko SS'23

Christina Andhika Setyanti | CNN Indonesia
Rabu, 28 Sep 2022 17:30 WIB
Sapto Djojokartiko menghadirkan koleksi Spring/Summer 2023 terbarunya di Gedung bersejarah Filateli Jakarta atau yang kini dikenal Pos Bloc. Sapto Djojokartiko menghadirkan koleksi Spring/Summer 2023 terbarunya di Gedung bersejarah Filateli Jakarta atau yang kini dikenal Pos Bloc. (Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Manusia adalah sosok yang penuh daya juang dan beradaptasi seiring waktu akan segala hambatan yang dihadapi. Konsep adaptasi ini mencoba digambarkan oleh Sapto Djojokartiko dalam koleksi Spring/Summer 2023nya.

Dalam koleksi terbarunya, dia menghadirkan kembali warna-warna neon seperti pink, kuning, dan hijau neon. Beberapa warna lain yang dibawa Sapto dalam koleksi ini antara lain biru dan juga ungu. Meski demikian dominasi masih dimainkan warna-warna netral khas Sapto.

Sapto yang ikonik dengan warna-warna nyaman dalam palet warna netral, seolah ingin menggambarkan momen 'perubahan' yang dibutuhkan manusia menghadapi masa. Warna-warna terang yang dibubuhkan dalam beberapa potong busananya ini menggambarkan optimisme akan harapan di masa depan yang lebih terang usai dua tahun bergelut pandemi yang penuh ketidakpastian.

"Saya ingin orang menjadi lebih optimis dalam menghadapi apapun yang ada di depan kita, salah satunya dengan penggunaan warna-warni yang cerah dan mempersembahkan presentasi yang lebih berwarna," ungkap Sapto dalam pernyataannya.

Sapto menuangkan semua kontemplasi pemikirannya akan ketidakpastian termasuk pada berbagai koleksi yang unisex. Dia sadar, di masa kini di dunia fashion, unisex bukan hal yang aneh.

Beberapa pieces dalam koleksinya dibuat unisex dalam bentuk vest, outer, jaket, dan coat.

Permainan see through, sulam tangan, dan bordir dengan motif klasik penara dan darpana yaitu ulir pada bingkai cermin, motif ukelan ron yang menggambarkan rangkaian daun, ukelan sekar dari bunga mereka, serta seligi yang menggambarkan tombak menjadi titik yang menyita perhatian. Motif ini menjadi poin utama yang menjadi penanda ke-Sapto-an yang ikonik.

Meski dominasi gaun-gaun maxi yang santai, flowy, dan light, koleksi ini juga menghadirkan beberapa gaya yang lebih klasik edgy. Fringe is back! Tak cuma motif bordir, Sapto juga membawa kembali fringe yang timeless dalam dress dan tas.

SAPTO DJOJOKARTIKO SPRING/SUMMER 2023 COLLECTIONFoto: Arsip Istimewa
SAPTO DJOJOKARTIKO SPRING/SUMMER 2023 COLLECTION

Siluet longgar, panjang, yang dipadukan dengan cutting asimetris, patchwork, lipit, sampai rumbai dan juga tumpuk menghadirkan alternatif gaya yang lebih muda tanpa terlihat berlebihan. Jangan lupa bralette, dan korset yang tak lagi tersembunyi di dalam busana, tapi menonjol keluar dengan gaya yang trendi dan kekinian.

Sebuah blazer dihadirkan dengan model potongan tegas dan bahu lebar dan 'kuat.' Konstruksinya kokoh dengan detail ikatan korset di bagian belakangnya. 

sapto djojokartikoFoto: Arsip Sapto Djojokartiko
sapto djojokartiko

Yang menarik sebuah gaun see through yang berpotongan lebar di bagian bahu. Aplikasi lembaran daun berwarna hitam menghiasi bagian dada dan dipadukan dengan rok asimetris hitam pekat. Sapto menyelipkan sebuah kejutan di belakang dengan memberikan full backless, tanpa ikatan tali-tali menyilang di bagian punggung atasnya.

Selain itu, dalam koleksinya saat ini, dalam lapisan outer sheer yang terkesan formal dengan bordiran ini nyatanya juga apik dan versatile untuk dipadankan dengan gaya sporty.

Inner tank top, bralette, shorts, bahkan legging juga dipadukan dengan koleksi ini untuk gaya athleisure yang bebas, nyaman, dan praktis. Tak dimungkiri, di masa kini, kenyamanan adalah hal yang paling dicari. 

SAPTO DJOJOKARTIKO SPRING/SUMMER 2023 COLLECTIONFoto: Arsip Istimewa
SAPTO DJOJOKARTIKO SPRING/SUMMER 2023 COLLECTION

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER