Sejarah Kelam G30S, Ini 4 Tempat Mengenang Para Pahlawan Revolusi

tim | CNN Indonesia
Kamis, 29 Sep 2022 18:30 WIB
Kenangan kelam yang membekas bagi bangsa Indonesia dalam peristiwa G30S itu kemudian diabadikan ke dalam beberapa museum dan monumen di Jakarta. Monumen Pancasila Sakti atau Museum Lubang Buaya. (Foto: Adhi Wicaksono/CNN Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Peristiwa berdarah terkait kekejaman aksi Gerakan 30 September 1965 atau yang lebih dikenal dengan istilah G30S menjadi salah satu sejarah terkelam yang dialami bangsa Indonesia.

Sebanyak tujuh perwira Angkatan Darat RI yang kemudian disebut sebagai pahlawan revolusi itu, diculik saat tengah malam dan pagi buta dan kemudian disiksa hingga dibunuh. Para korban kekejaman gerakan itu kemudian dibuang ke lahan kosong di Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Tujuh perwira TNI AD itu antara lain Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal Raden Soeprapto, Mayor Jenderal Mas Tistodarmo Haryono, Mayor Jenderal Siswondo Parman, Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan, Brigadir Jenderal Sutoyo Siswodiharjo, dan Lettu Pierre Andreas Tendean.

Ketujuh perwira yang menjadi korban kebengisan peristiwa G30S tersebut kemudian dianugerahi gelar Pahlawan Revolusi oleh pemerintah Orde Baru pimpinan Presiden Soeharto.

Kenangan kelam yang membekas bagi bangsa Indonesia itu kemudian diabadikan ke dalam beberapa museum dan monumen, yang dibangun untuk mengenang para Pahlawan Revolusi.

Berikut tempat-tempat bersejarah untuk mengenang peristiwa G30S.

1. Museum Lubang Buaya atau Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila Sakti atau yang lebih dikenal sebagai Museum Lubang Buaya menjadi salah satu tempat bersejarah dalam peristiwa berdarah G30S.

Museum yang terletak di Jalan Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, ini menjadi tempat di mana jasad tujuh perwira TNI AD dibuang ke dalam sebuah sumur tua.

Museum Lubang Buaya ini dibuka setiap hari dan mulai beroperasi dari pukul 9.00 WIB sampai 21.00 WIB. Harga tiket masuk museum ini pun terbilang murah yakni hanya Rp5 ribu.

Museum Lubang Buaya memamerkan barang-barang peninggalan peristiwa G30S seperti pakaian yang dikenakan oleh para korban saat penculikan, penyiksaan, dan pembunuhan. Selain itu, ada pula bukti visum yang dipamerkan di ruang relik museum tersebut.

Museum yang dibangun di atas lahan seluas 14,6 hektare itu berisi antara lain Monumen Pancasila Sakti, Sumur Maut, Museum Paseban, dan -yang paling mengerikan- Museum Pengkhianatan PKI yang berisi 40 lebih diorama tentang sepak terjang PKI sejak Indonesia merdeka, termasuk kekejaman mereka terhadap para jenderal.

3 Tempat Bersejarah Kenang Peristiwa G30S

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER