6 Tanda Asam Urat Tinggi, Ada yang Mirip Gejala Flu

tim | CNN Indonesia
Jumat, 30 Sep 2022 08:03 WIB
Ada berbagai tanda asam urat tinggi yang bisa terasa di tubuh. Asam urat adalah produk limbah dalam tubuh yang seharusnya dibuang. Ada berbagai tanda asam urat tinggi yang bisa terasa di tubuh. Asam urat adalah produk limbah dalam tubuh yang seharusnya dibuang.( Istockphoto/ Spukkato)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada berbagai tanda asam urat tinggi yang bisa terasa di tubuh. Asam urat adalah produk limbah dalam tubuh yang seharusnya dibuang.

Sebenarnya, asam urat adalah senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh, asam urat terbentuk dari proses penguraian zat purin yang ditemukan dalam sejumlah makanan.

Namun dalam beberapa kondisi produk limbah ini terlalu banyak dan menumpuk di tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan misalnya radang sendi. Kondisi ini terjadi ketika terdapat tumpukan kristal berupa garam urat dalam persendian.

Agar tak jadi penyakit, Anda perlu mengenali berapa batas asam urat dan juga berbagai gejala asam urat.

Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang menyerang persendian. Penyakit ini terjadi akibat kadar asam urat dalam darah yang terlalu tinggi. Penumpukan asam urat akan membentuk kristal di persendian yang dapat memicu rasa nyeri dan pembengkakan.

Sebelum bicara soal tanda asam urat tinggi, kenali terlebih dulu batas asam urat yang normal.

Kadar asam urat normal sangat bervariasi, tergantung pada jenis kelamin. Kadar asam urat normal pada perempuan berkisar sekitar 1,5-6 mg/dL. Sedangkan kadar asam urat normal pada laki-laki sekitar 2,5-7 mg/dL.

Kadar asam urat sendiri tergolong tinggi saat berada di atas 6 mg/dL pada perempuan dan lebih dari 7 mg/dL pada laki-laki.

Nyeri sendi yang intens menjadi salah satu gejala umum dari penyakit tersebut. Rasa sakit yang umumnya menyerang pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan jari ini bisa mencapai 4-12 jam.

Di luar nyeri sendi, ada beberapa tanda asam urat tinggi yang harus diwaspadai.

1. Rasa nyeri luar biasa di tengah malam

Asam urat dua kali lebih mungkin terjadi pada malam hari daripada siang hari.

Mengutip berbagai sumber, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti suhu tubuh yang lebih rendah dan minimnya asupan air saat tidur. Kedua kondisi ini disebut-sebut bisa memicu penumpukan asam urat.

2. Kelelahan

Serangan asam urat akan menimbulkan rasa lelah layaknya seseorang yang terjangkit flu. Saat serangan terjadi, seseorang juga mungkin mengalami demam. Namun bisa jadi ini bukan karena flu tapi karena asam urat.

Banner Topik Gaya Hidup - BuncitFoto: CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani

3. Benjolan di sekitar sendi

Benjolan ini dikenal dengan istilah 'tophi.' Tophi paling sering muncul pada pasien asam urat kronis akibat penumpukan kristal asam urat.

4. Rasa tidak nyaman pada persendian

Setelah rasa sakit akibat serangan mereda, biasanya akan timbul perasaan tidak nyaman pada sendi. Ketidaknyamanan ini bisa berlangsung selama hitungan hari hingga pekan.

5. Peradangan dan kemerahan

Bagian sendi yang terkena umumnya akan bengkak, terasa hangat, dan berwarna kemerahan.

6. Rentang gerak terbatas

Tak hanya menimbulkan rasa nyeri, asam urat juga akan membuat pengidapnya kesulitan menggerakkan bagian persendian tubuhnya secara normal.

Tanda asam urat tinggi yang muncul dan tidak diobati dapat membuat rasa sakit semakin memburuk dan memicu kerusakan sendi. Jika rentang gerak mulai terbatas, bisa jadi itu adalah tanda asam urat tinggi yang muncul. 

Gif banner Allo BankFoto: Dok. Allo Bank

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER