8 Toko Duty Free Terkemuka di Dunia, Tertarik Mampir?

tim | CNN Indonesia
Senin, 03 Okt 2022 14:17 WIB
Jika suatu toko atau tempat perbelanjaan menyematkan 'duty free', berarti barang-barang bebas pajak. Duty free biasanya berada di bandara internasional. Ilustrasi duty free bandara. (Foto: Istockphoto/minemero)
Jakarta, CNN Indonesia --

Siapa yang tak ingin belanja di luar negeri tanpa kena pajak? Sambangi saja toko-toko duty free yang umum ada di bandara internasional. Ada beberapa toko duty free terkemuka di dunia dan patut masuk dalam agenda kunjungan.

Kenapa harus duty free? 'Duty' merupakan pajak atau biaya tambahan yang dikenakan pemerintah setempat terhadap barang yang dijual. Namun, jika suatu toko atau tempat perbelanjaan menyematkan 'duty free', berarti barang-barang bebas pajak.

Berikut beberapa toko duty free populer di berbagai belahan dunia.

1. Bandara Internasional Indira Gandhi - India

Toko duty free di Bandara Internasional Indira Gandhi, Delhi, India jadi salah satu yang patut dikunjungi. Terletak di Terminal 3, toko memiliki luas hampir dua ribu meter persegi. Dilansir dari laman resmi bandara, toko buka setiap hari selama 24 jam.

Cari minuman beralkohol? Duty free di sini terbilang paling murah dengan pilihan minuman beragam.

2. Bandara Heathrow - Inggris

Ingin barang-barang 'branded'? Jangan lupa mampir di duty free Bandara Heathrow, London, Inggris. Mungkin sehari saja terasa kurang jika menjelajah toko satu ini. Pasalnya, dilansir dari Peak Life, duty free Heathrow memiliki luas 500 ribu kaki persegi yang melintasi lima terminal.

3. Bandara Zurich - Swiss

Barang-barang seperti wiski, tembakau dan beberapa cokelat terbaik bisa ditemukan di duty free Bandara Zurich, Swiss. Tak hanya bebas pajak, biasanya duty free Zurich juga menawarkan diskon-diskon menarik untuk produk parfum, cokelat dan minuman beralkohol.

4. Bandara Hong Kong

Hong Kong memang tujuan wisata belanja dengan harga miring yang menggoda. Saat beranjak dari Hong Kong, sempatkan diri untuk mengintip duty free di Bandara Hong Kong. Biasanya diskon besar ditawarkan SkyMart di Terminal 1. SkyMart merupakan tempat belanja bebas pajak yang cocok untuk wisatawan.

5. Bandara Seoul

Seoul, Korea Selatan memiliki sekitar 90 toko duty free. Duty free di Seoul merupakan yang terbesar ketiga di dunia setelah Dubai dan Heathrow. Wisatawan biasanya mengincar barang-barang seperti parfum, alkohol dan kosmetik.

6. Bandara Internasional Dubai

Bandara Internasional Dubai merupakan salah satu bandara tersibuk karena mobilitas manusia dan aktivitas jual-belinya. Toko-toko di bandara mungkin berukuran hampir satu setengah kali ukuran Basilika Santo Petrus di Roma.

Wisatawan tak akan melewatkan kegiatan belanja di duty free. Toko memiliki luas 26 ribu meter persegi dan melintasi tiga terminal.

7. Bandara Internasional Schiphol - Belanda

Duty free di Belanda khususnya di Bandara Internasional Schiphol punya reputasi sebagai destinasi belanja populer. Selain diskon, duty free kerap menawarkan promosi besar-besaran dengan 'beli dua dapat tiga'.

8. Bandara Internasional Frankfurt - Jerman

Sebaiknya sisihkan waktu lebih banyak saat berada di Bandara Internasional Frankfurt. Terletak di aula keberangkatan B, duty free Frankfurt memiliki luas empat lapangan sepak bola. Tempat perbelanjaan buka dari pukul 06.00 hingga 21.30.

(wiw/wiw)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER