Mau Liburan ke Seoul dan Pulau Jeju? Catat Cara Bikin Visa Korea

tim | CNN Indonesia
Selasa, 04 Okt 2022 15:00 WIB
Korea Selatan telah membuka pengajuan visa Korea sejak 2 Juni 2022 setelah sempat ditutup karena pandemi Covid-19. Seoul Tower, wisata di Korea Selatan. (Foto: CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Selatan menjadi salah satu negara populer yang dikunjungi wisatawan dari Indonesia. Sejumlah destinasi wisata di Korea jadi incaran para wisatawan tanah air.

Dua tujuan wisata favorit turis asing biasanya Kota Seoul dan Pulau Jeju. Namun, masih banyak destinasi wisata indah lainnya di Korea Selatan yang patut untuk disambangi.

Namun, perlu pembuatan visa jika kamu mau berkunjung ke Negeri Ginseng tersebut. Beberapa persyaratan juga mesti terpenuhi agar kamu dapat menginjakkan kaki di Korea.

Per 1 Oktober 2022, Korea Selatan juga resmi menghapus tes PCR Covid-19 untuk wisatawan yang masuk ke negara tersebut. Korea Selatan telah membuka pengajuan visa Korea sejak 2 Juni 2022.

Pengajuan permohonan visa Korea dapat dilakukan melalui Korea Visa Application Center (KVAC), yang lokasinya terdapat di Lotte Shopping Avenue Lantai 5, Jakarta Selatan.

Untuk sekarang, Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia cuma menerima permohonan visa untuk, visa diplomatik (A-1) dan visa dinas pejabat pemerintahan (A-2), group visa, serta visa untuk keadaan darurat.

Kamu bisa mendatangi KVAC untuk pengajuan visa Korea ketika jam kerja yakni Senin-Jumat (kecuali libur nasional) dari pukul 9.00 sampai 15.00 WIB. Untuk pengambilan visa bisa dilakukan pada pukul 11.00 sampai 17.00 WIB.

Sementara itu, ada sejumlah dokumen sebagai syarat pengajuan visa Korea yang mesti disiapkan. Kalau untuk sekali kunjungan, kamu dapat mengajukan Single Entry Visa (SEV). Durasi waktu tinggal jenis visa ini maksimal 90 hari.

Terdapat SEV yang durasi waktu tinggalnya lebih dari 90 hari, tapi dipakai untuk keperluan belajar, bekerja, dan mendampingi kerabat di Korea Selatan. Ada pula jenis Double Entry Visa untuk kunjungan dua kali dalam kurun waktu enam bulan.

Lalu ada juga Multiple Entry Visa, jenis visa yang cocok untuk kamu yang sering bepergian ke Korea. Visa Korea ini bisa kamu gunakan berkali-kali selama 5 tahun, tapi syarat pengajuan visa jenis ini cukup rumit. Ada juga Group Visa yang biasa digunakan travel agent dengan minimal keberangkatan 5 orang.

Ini Dokumen Persyaratan Bikin Visa Korea

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER