Awas, Ada 5 Penyakit Berbahaya yang Ditandai Kaki Bengkak

CNN Indonesia
Selasa, 04 Okt 2022 20:45 WIB
Meski kaki bengkak sering dianggap biasa, tapi Anda tetap perlu berhati-hati. Ada beberapa penyakit yang ditandai dengan kaki bengkak. Ilustrasi. Ada beberapa penyakit yang ditandai dengan kaki bengkak. (iStockphoto/simarik)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kaki yang bengkak kerap dianggap hal biasa. Utamanya, jika bengkak muncul setelah Anda banyak berdiri, sedang hamil, atau baru terluka dan terkilir.

Tapi, akan jadi masalah jika kaki bengkak yang dialami datang tiba-tiba, bukan karena hamil, banyak berjalan, atau terkilir.

Lantas, sebenarnya kaki bengkak tanda penyakit apa? Apakah kaki yang tiba-tiba bengkak berbahaya?

Penyakit yang ditandai kaki bengkak

Ada sejumlah penyakit yang ditandai dengan kaki bengkak.

Meski cenderung biasa, tapi Anda tetap harus berhati-hati, sebab ada sejumlah penyakit serius yang membuat kaki membengkak. Berikut di antaranya, mengutip berbagai sumber.

1. Penyakit jantung

Mengutip WebMD, pembengkakan pada kaki bisa menandakan adanya masalah pada jantung.

Misalnya saja, saat kaki terasa bengkak di malam hari. Kondisi ini bisa jadi sebabkan oleh terlalu banyak asupan garam dan air yang ditahan karena ada gagal jantung.

2. Penyakit ginjal

Saat ada masalah ginjal, kaki juga bisa bengkak. Pembengkakan kaki bisa terjadi karena cairan yang menumpuk di dalam tubuh.

Kondisi ini disebabkan oleh ginjal yang tak lagi dapat berfungsi dengan baik.

3. Penyakit hati

ilustrasi liverIlustrasi. Masalah pada hati, salah satu penyakit yang ditandai dengan kaki bengkak. (iStockphoto/Milena Shehovtsova)

Penyakit yang ditandai kaki bengkak lainnya adalah penyakit hati. Penyakit ini dapat memengaruhi albumin, protein yang diproduksi hati. Albumin berfungsi menjaga darah tidak bocor dari pembuluh darah ke jaringan sekitarnya.

Produksi albumin yang tidak memadai dapat menyebabkan kebocoran cairan. Hal ini menyebabkan cairan menumpuk lebih banyak di kaki dan pergelangan kaki. Bahkan, cairan juga bisa menumpuk di perut dan dada.

Jika pembengkakan disertai gejala lain, termasuk kelelahan, kehilangan nafsu makan, dan penambahan berat badan, segera temui dokter.

4. Edema

Mengutip Medical News Today, edema merupakan pembengkakan yang terjadi karena penumpukan cairan di tubuh. Edema umumnya memengaruhi kaki dan bagian tubuh lain.

Tanda-tanda dari edema meliputi:
- kulit mengkilap dan meregang di area yang membengkak,
- kulit yang tetap berlesung setelah ditekan,
- ketidaknyamanan dan mobilitas berkurang,
- batuk atau kesulitan bernafas.

5. Kegemukan atau obesitas

Obesitas adalah akumulasi kelebihan lemak yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Obesitas ditentukan oleh indeks massa tubuh (BMI) seseorang.

Jika seseorang memiliki BMI lebih dari 30, maka mereka dianggap obesitas. Jika BMI seseorang melebihi 50, mereka mungkin mengalami pembengkakan ekstremitas bawah.

Itulah beberapa penyakit yang ditandai dengan kaki bengkak. Selalu waspada dan jangan anggap enteng pembengkakan pada kaki.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER