7 Bahaya Daun Bidara, Hati-Hati Sebelum Mengonsumsinya

tim | CNN Indonesia
Jumat, 07 Okt 2022 13:00 WIB
Tidak hanya memiliki manfaat, ternyata ada bahaya daun bidara yang harus diwaspadai karena dapat membahayakan kesehatan. Berikut ulasannya. Ilustrasi. Tidak hanya memiliki manfaat, ternyata ada bahaya daun bidara yang harus diwaspadai karena dapat membahayakan kesehatan. Berikut ulasannya. (Foto: iStockphoto/Jaka Suryanta)
Jakarta, CNN Indonesia --

Daun bidara merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Namun Anda tidak boleh mengonsumsinya secara sembarangan.

Ternyata ada juga bahaya daun bidara yang harus diwaspadai. Apalagi jika dikonsumsi berlebihan, senyawa aktif herbal yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan efek samping bahkan membahayakan kesehatan.

Mungkin saat ini banyak orang lebih mengetahui manfaatnya tetapi belum tahu efek samping mengonsumsi daun bidara. Hal ini tentu tidak boleh dianggap sepele.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menggunakan daun bidara secukupnya dan konsultasikan dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsinya, terlebih bagi Anda yang memiliki penyakit atau masalah kesehatan.

Bahaya Mengonsumsi Daun Bidara

Berikut sejumlah bahaya daun bidara dan efek samping yang mungkin dialami setelah mengonsumsinya, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kerusakan hati

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Alauddin Makassar, menunjukkan bahwa batas aman dari konsumsi ekstrak daun bidara adalah 600 mg per kilogram berat badan.

Jika mengonsumsi daun bidara dengan konsentrasi tinggi, hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan hati.

Konsumsi berlebihan dari daun bidara yang diproses di organ hati akan berdampak pada fungsi hati yang harus bekerja lebih keras untuk mengolahnya.

2. Alergi kulit

Masih merujuk pada penelitian yang sama, daun bidara terkadang dapat memicu alergi. Oleh sebab itu hentikan konsumsi daun bidara jika kulit Anda merasakan gatal dan panas.

Kondisi yang muncul tersebut menandakan bahwa Anda memiliki alergi terhadap daun herbal yang satu ini.

3. Kantuk berlebihan

ilustrasi tidur mendengkurIlustrasi. Salah satu efek samping daun bidara adalah menyebabkan ngantuk berlebihan. (Foto: iStockphoto/AndreyPopov)

Dilansir dari laman Webmd, penelitian menunjukkan bahwa daun bidara dapat menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan.

Hal itu karena senyawa yang terdapat di dalam daun bidara yang dapat menyebabkan efek rileks berlebihan. Oleh sebab itu, meminum daun bidara yang berlebihan akan menyebabkan rasa kantuk yang berat.

4. Bahaya dikonsumsi dengan obat

Merujuk laman vintagebillboard.com, efek samping daun bidara juga bisa muncul saat dikonsumsi bersamaan dengan obat medis.

Hal itu karena reaksi kimia yang muncul dari daun bidara dan obat bisa menimbulkan dampak buruk bagi tubuh.

Jika Anda sedang menjalani perawatan dengan mengonsumsi obat medis, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika hendak mengonsumsi daun bidara.

5. Rasa mual

ilustrasi mualIlustrasi. Bahaya daun bidara salah satunya menimbulkan mual (Foto: iStockphoto/artursfoto)

Dikutip dari jurnal botani hindawi.com, reaksi setelah minum daun bidara adalah menimbulkan rasa mual. Hal ini karena rasa daun bidara yang pahit bisa membuat Anda merasa tidak nyaman saat meminumnya.

Rasa mual juga akan muncul saat daun bidara dikonsumsi berlebihan atau diolah dengan cara yang keliru.

6. Rasa pahit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa daun bidara memiliki rasa yang pahit. Maka, tidak banyak orang yang menyukai rasanya karena dapat memberikan efek samping lidah terasa pahit dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hal ini karena sensor rasa yang terdapat di lidah sudah tertutupi oleh rasa pahit dari tanaman ini sehingga tidak dapat merasakan rasa lain selain pahit.

7. Kejang dan napas pendek

Penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine menunjukkan bahwa efek samping berbahaya dari daun bidara adalah dapat menimbulkan kejang dan napas pendek.

Hal ini sebabkan oleh zat yang terkandung dalam daun bidara yang mengakibatkan napas seseorang menjadi pendek setelah mengonsumsinya.

Dalam kasus yang lebih parah, efek yang pendek dapat membuat tubuh seseorang menjadi kejang.

Demikian sejumlah bahaya daun bidara yang harus diwaspadai. Semoga dapat bermanfaat.

(juh/juh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER