Simak Pertolongan Pertama pada Korban Sambaran Petir

CNN Indonesia
Rabu, 05 Okt 2022 14:00 WIB
Petir jadi salah satu ancaman di musim hujan. Tak sedikit orang yang tak sengaja tersambar petir saat beraktivitas. Berikut pertolongan pertama tersambar petir. Ilustrasi. Petir jadi salah satu ancaman di musim hujan. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musim penghujan telah datang. Hujan diiringi kilatan petir dan angin kencang akhir-akhir ini mengguyur sebagian wilayah Indonesia.

Petir jadi salah satu ancaman di musim hujan. Beberapa orang bahkan dilaporkan sempat tersambar petir. Ada yang mengalami luka bakar yang cukup parah, ada juga yang hingga meninggal dunia.

Untuk mengantisipasi kejadian tersambar petir, ada baiknya mengetahui pertolongan pertama saat tersambar petir.

Berikut hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama pada orang yang tersambar petir, sesuai rekomendasi Center for Disease and Prevention Control (CDC).

1. Minta bantuan

Segera meminta bantuan dengan cara menelpon layanan darurat di nomor 112.

Anda juga bisa berteriak dan meminta pertolongan pada orang di sekitar tempat kejadian.

Ingatlah untuk memeriksa berapa banyak korban yang tersambar petir. Apakah hujan petir masih berlangsung dan seberapa parah luka di tubuh korban. Laporkan hal tersebut saat Anda menelpon 112.

2. Lihat situasi tempat kejadian

Keamanan adalah prioritas. Anda juga harus waspada dengan kilatan petir yang masih menyambar saat hendak memberikan pertolongan.

Jika berada di area berisiko tinggi, misalnya, di dekat pohon atau lapangan terbuka, kilat kemungkinan masih bisa menyambar. Pindahkan korban ke lokasi aman sebelum memberi pertolongan.

3. Periksa luka dan denyut nadi

Sejumlah kendaraan dan warga melintas saat hujan di Bundaran HI, Jakarta, Jumat, 18 Februari 2022. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca Jakarta hari ini, Jumat (18/2/2022) mayoritas  akan diguyur hujan dengan disertai petir dan angin kencang, sebagaimana dilansir dari laman resmi BMKG.go.id. BMKG menyebut potensi tersebut diprediksi terjadi pada siang hingga menjelang malam hari meliputi beberapa wilayah Jakarta. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)Ilustrasi. Petir jadi salah satu ancaman di musim hujan. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Petir sering menyebabkan serangan jantung dan luka bakar. Periksalah terlebih dahulu detak jantung korban di nadi tangannya atau di leher.

Jika orang tersebut bernapas dengan normal, cari kemungkinan cedera lainnya. Petir dapat menyebabkan luka bakar, syok, dan terkadang trauma tumpul. Rawat setiap cedera ini dengan pertolongan pertama dasar sampai bantuan tiba.

4. Beri napas buatan

Jika korban tidak sadarkan diri, beri napas buatan dan kompresi dada atau CPR. Lakukan terus upaya ini sampai bantuan tiba.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER