Singapura Dinobatkan Jadi Negara dengan Jalan Raya Terbaik di Dunia

tim | CNN Indonesia
Jumat, 07 Okt 2022 11:30 WIB
Meski punya luas wilayah kecil, namun Singapura dikenal sebagai negara yang tertib, bersih, dan dinobatkan sebagai negara dengan jalan raya terbaik di dunia. Meski punya luas wilayah kecil, namun Singapura dikenal sebagai negara yang tertib, bersih, dan dinobatkan sebagai negara dengan jalan raya terbaik di dunia.( tpsdave/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Meski punya luas wilayah kecil, namun Singapura dikenal sebagai negara yang tertib dan bersih.

Bukan cuma itu, negeri Singa itu juga dinobatkan sebagai negara dengan jalan raya terbaik di dunia.

Dalam sebuah studi global yang dilakukan oleh Zutobi, aplikasi edukasi untuk pengemudi, Singapura mencetak skor 9,44 dari 10 dalam hal kualitas jalan. Angka ini juga diperhitungkan dengan jumlah kematian di jalan dan ukuran relatif jaringan jalan.

Menurut daftar tersebut, Singapura memiliki kematian lalu lintas jalan terendah, yakni di skor 1,69 dari 100.000 orang, mengutip laman Zutobi.

Studi tersebut juga mengatakan Singapura adalah satu-satunya negara di antara 59 negara yang diteliti dengan skor di atas 9 poin, dengan Belanda yang berada di posisi kedua memperoleh skor 8,62.

Negara lainnya yang menduduki peringkat lima besar dalam daftar jalan terbaik di dunia termasuk Swiss dengan skor 8,58, Jepang dengan skor 8,41, dan Denmark dengan skor 7,49.

Sebaliknya, untuk daftar jalan terburuk di dunia, Kuwait berada di urutan teratas.

Kuwait memiliki skor kualitas jalan terendah dengan skor 1,33 poin. Hal ini mungkin disebabkan dari tingginya jumlah kematian lalu lintas jalan dengan skor 19 dari 100.000 orang.

Dianjurkan pula untuk berhati-hati dalam mengemudi di jalan Kosta Rika dengan skor 2,24, Georgia dengan skor 2,33, dan Panama dengan skor 2,55.

Anehnya, jalan di Selandia Baru menduduki peringkat kualitas jalan terburuk kelima dengan skor 2,93 point.

Menurut Zutobi, faktor yang berkontribusi terhadap jalan di Selandia Baru yang buruk adalah gempa bumi Kaikoura pada tahun 2016 yang menghancurkan sebagian besar jalan terbesar di negara itu.

Dengan Singapura menduduki peringkat pertama, para pengemudi di sana merasa gembira dengan pencapaian baru negara tersebut.

Beberapa dari mereka meninggalkan komen di sebuah unggahan di media sosial Facebook Otoritas Transportasi Darat agar para wisatawan juga merasakan kualitas jalan yang terbaik di dunia.

Berikut daftar negara dengan jalan raya terbaik di dunia.

1. Singapura
2. Belanda
3. Swiss
4. Jepang
5. Denmark

Sedangkan negara dengan jalan raya terburuk di dunia adalah

1. Kuwait
2. Kosta Rika
3. Georgia
4. Panama
5. Selandia Baru

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER