Sedang Populer, Ini 6 Manfaat Gua Sha untuk Kesehatan

CNN Indonesia
Rabu, 30 Nov 2022 05:30 WIB
Perawatan gua sha tak cuma bisa membantu mengencangkan kulit. Di luar itu, ada banyak manfaat gua sha lainnya untuk kesehatan. Ilustrasi. Ada banyak manfaat gua sha untuk kesehatan. (iStockphoto/miljko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Belakangan, penggunaan gua sha populer di tengah para beauty enthusiast. Alat yang terbuat dari batu giok ini diklaim ampuh dalam mengencangkan kulit.

Tapi, ternyata tak cuma untuk bikin kulit semakin segar. Ada banyak manfaat gua sha lainnya untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Pada dasarnya, gua sha adalah terapi alternatif alami yang melibatkan penggosokan kulit dengan alat pijat untuk meningkatkan sirkulasi. Teknik penyembuhan Tiongkok kuno ini diketahui dapat mengatasi nyeri kronis seperti radang sendi dan fibromyalgia, serta kondisi yang memicu nyeri otot dan persendian.

Umumnya, teknik gua sha dilakukan di bagian punggung, bokong, leher, lengan, dan kaki.

Manfaat Gua Sha untuk Kesehatan

Gua sha dilakukan untuk mengatasi energi stagnan yang disebut 'chi'. Energi ini diyakini bertanggung jawab atas peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Peradangan adalah penyebab mendasar dari beberapa kondisi yang terkait dengan nyeri kronis. Menggosok permukaan kulit dengan teknik gua sha dianggap dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan penyembuhan.

Melansir Healthline, berikut beberapa manfaat gua sha untuk kesehatan.

1. Mengatasi hepatitis B

Hepatitis B adalah infeksi virus yang menyebabkan peradangan hati. Penelitian menunjukkan bahwa gua sha dapat mengurangi peradangan hati kronis.

2. Meredam migrain

Picture of adult woman waking up in the morning feeling sickIlustrasi. Meredam migrain, salah satu manfaat gua sha untuk kesehatan. (iStockphoto/PeopleImages)

Dalam sebuah penelitian, seorang wanita berusia 72 tahun yang hidup dengan sakit kepala kronis melakukan gua sha selama 14 hari.

Hasilnya, sakit kepala yang dialami perlahan membaik. Dari sana, disimpulkan bahwa gua sha bisa jadi obat efektif untuk sakit kepala.

3. Mengatasi pembengkakan payudara

Pembengkakan payudara merupakan kondisi yang banyak dialami oleh ibu menyusui.

Sebuah penelitian memberikan intervensi gua sha pada sejumlah ibu melahirkan pada dua hari setelah persalinan hingga mereka keluar dari rumah sakit. Hasilnya, ditemukan bahwa hanya sedikit dari ibu melahirkan yang mengeluhkan pembengkakan payudara.

4. Meredam nyeri leher

Teknik gua sha juga terbukti efektif untuk menyembuhkan sakit leher kronis. Sebuah studi yang meneliti 48 peserta meminta setengah dari mereka menyembuhkan sakit lehernya dengan gua sha dan sisanya dengan bantalan pemanas termal.

Setelah satu minggu, peserta yang menerima gua sha melaporkan lebih sedikit rasa sakit dibandingkan dengan kelompok yang tidak menerima gua sha.

5. Mengatasi gejala sindrom tourette

Sindrom tourette melibatkan gerakan-gerakan motorik tak disengaja. Menurut sebuah studi, teknik gua sha, yang dikombinasikan dengan terapi lain, disebut dapat membantu mengurangi gejala sindrom tourete.

6. Mengatasi sindrom perimenopause

Couple with relationship difficulties in thier bedroomIlustrasi. Manfaat gua sha untuk kesehatan lainnya adalah meredam gejala perimenopause. (iStockphoto/Vladimir Vladimirov)

Sebuah studi menemukan bahwa gua sha dapat mengurangi gejala perimenopause pada beberapa wanita.

Para responden yang menerima perawatan gua sha melaporkan pengurangan gejala perimenopause seperti insomnia, kecemasan, kelelahan, dan sakit kepala dibandingkan yang tidak melakukan teknik gua sha.

Demikian beberapa manfaat gua sha untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.



(del/asr)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER