Kenapa Harus Berlindung di Bawah Meja saat Gempa?

CNN Indonesia
Senin, 28 Nov 2022 06:00 WIB
Berlindung di bawah meja jadi salah satu cara melindungi diri yang tepat saat terjadi gempa bumi. Mengapa demikian? Ilustrasi. Berlindung di bawah meja jadi salah satu cara melindungi diri yang tepat saat terjadi gempa bumi. (iStockphoto/maroke)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berlindung di bawah meja jadi salah satu cara melindungi diri yang tepat saat terjadi gempa bumi. Sayangnya, hal tersebut justru jadi bahan canda salah satu anggota DPR RI.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Robert Rouw menertawakan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati yang mencontohkan cara berlindung di bawah meja saat gempa bumi. Kala itu, Robert memang tengah memimpin rapat bersama dengan BMKG.

Akibatnya, sikap Robert ini jadi bulan-bulanan warganet. Robert dianggap menyepelekan perlindungan pertama saat terjadi gempa.

Alasan penting berlindung di bawah meja saat gempa

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempa. Salah satunya berlindung di bawah meja.

Menukil laman Dream Civil, meja adalah tempat teraman saat terjadi gempa bumi. Utamanya, jika Anda sedang berada di dalam ruangan.

Meja berfungsi sebagai penutup atau pelindung. Meski ada risiko meja pecah, namun tetap bisa mengurangi dampak jatuhnya puing.

Center for Disease Control and Prevention (CDC) juga menjelaskan hal yang harus Anda lakukan pertama kali saat gempa dan berada di ruangan. Kata mereka, berlindung di bawah meja dan tunggu hingga guncangan selesai adalah hal pertama yang harus dilakukan.

Pedoman berlindung di bawah meja saat gempa

Cropped detail shot of seismometer printing lineIlustrasi. Ada beberapa pedoman berlindung di bawah meja saat gempa bumi yang harus diikuti. (Istockphoto/Kickers)

Berikut pedoman berlindung di bawah meja menurut CDC.

1. Jatuhkan

Jatuhkan tangan dan lutut segera setelah gempa terasa. Posisi ini melindungi dari reruntuhan. Tapi di saat bersamaan, memungkinkan Anda tetap bergerak saat diperlukan.

2. Lindungi

Lindungi kepala dan leher, serta seluruh tubuh jika memungkinkan. Hal ini bisa dilakukan di bawah meja atau meja yang kokoh.

Jika tidak ada tempat berlindung di dekatnya, turunlah di dekat dinding bagian dalam atau di samping furniture rendah yang tidak akan menimpa Anda. Tutup kepala dan leher dengan lengan dan tangan.

3. Berpegangan

Anda bisa berpegangan pada tempat berlindung atau pada kepala dan leher sampai goncangan berhenti. Bersiaplah untuk bergerak jika goncangan menggesernya tempat berlindung Anda.

Ingat, jangan lari ke luar atau ke ruangan lain saat terjadi gempa. Jika Anda berdiam diri, risiko terluka lebih kecil.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER