5 Penyebab Munculnya Rambut Putih, Bukan Cuma Mikirin Rakyat

CNN Indonesia
Minggu, 27 Nov 2022 09:50 WIB
Presiden Jokowi menyoroti sosok pemimpin ideal berambut putih karena terlalu sering memikirkan rakyat. Sebenarnya, apa saja penyebab munculnya uban? Ilustrasi. Ada beberapa hal yang jadi penyebab munculnya uban. (Elektro-Plan/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Topik mengenai rambut putih atau uban tiba-tiba mencuat. Gara-garanya Presiden Joko Widodo yang melontarkan ucapan soal sosok pemimpin ideal berambut putih.

Menurut orang nomor wahid di Indonesia itu, rambut putih muncul pada sosok pemimpin karena terlalu banyak memikirkan rakyat. Padahal, ada banyak penyebab munculnya uban pada rambut.

Uban adalah kondisi pada rambut yang terbilang wajar. Siapa saja bisa memiliki rambut beruban.

Uban sendiri terbentuk saat sel-sel penghasil warna berhenti memproduksi pigmen. Hasilnya, yang muncul adalah helai rambut yang berwarna abu keputihan.

Penyebab Munculnya Uban

Ada beberapa alasan rambut beruban yang umum dialami banyak orang. Berikut di antaranya mengutip berbagai sumber.

1. Usia

Faktor usia cukup berpengaruh terhadap munculnya uban. Semakin bertambah usia, kemampuan sel-sel pada rambut untuk memproduksi pigmen semakin berkurang.

Mengutip WebMD, orang kulit putih umumnya akan mulai beruban pada pertengahan usia 30-an, sementara orang Asia umumnya mulai beruban pada akhir usia 30-an. Sedangkan kelompok orang kulit hitam biasanya akan beruban pada pertengahan usia 40-an.

Namun, separuh dari semua orang pada umumnya akan memiliki jumlah uban yang signifikan pada usia 50-an.

2. Stres

Ilustrasi lemburIlustrasi. Stres, salah satu penyebab munculnya uban. (Getty Images/iStockphoto/RyanKing999)

Sebuah penelitian pernah membuktikan bahwa stres jadi salah satu penyebab munculnya uban. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature ini menemukan bahwa proses uban dimulai dengan sistem saraf simpatik.

Sistem saraf ini berkaitan erat dengan respons stres seseorang.

Saat stres, sistem saraf ini akan menghasilkan senyawa kimia noepinefrin. Untuk menanggapinya, sel induk melanosit akan mengacak jatah pigmen hingga muncul uban.

Penyebab satu ini barangkali paling bisa dikaitkan dengan kebiasaan pemimpin yang dinilai Jokowi terlalu banyak memikirkan rakyat. Terlalu banyak menumpuk pikiran rentan memicu stres.

3. Penyakit autoimun

Mengutip Healthline, kondisi autoimun tertentu seperti alopecia dan vitiligo bisa menyerang sel-sel pada rambut. Kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya pigmen penghasil warna.

4. Gangguan tiroid

Kesehatan tiroid juga dapat memengaruhi warna rambut. Tiroid yang terlalu aktif (hipertiorid) atau kurang aktif (hipotiroid) membuat tubuh memproduksi lebih sedikit melanin.

Tiroid sendiri merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher. Kelenjar ini membantu mengontrol banyak fungsi tubuh.

5. Merokok

Kebiasaan merokok juga jadi salah satu penyebab munculnya uban. Pada perokok, uban bahkan bisa muncul saat baru menginjak usia 30-an.

Studi menemukan, merokok dapat menyempitkan pembuluh darah yang dapat mengurangi aliran darah ke folikel rambut. Selain rambut rontok, kondisi ini juga bisa memicu timbulnya uban.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER