7 Ciri-ciri Covid-19 BN.1, Awas Kalau Kamu Tiba-tiba Lemas

CNN Indonesia
Senin, 28 Nov 2022 05:05 WIB
Meski belum terdeteksi di Indonesia, namun masyarakat tetap perlu mewaspadai ciri-ciri Covid-19 BN.1 berikut ini. Ilustrasi. Tubuh yang tiba-tiba lemas jadi salah satu ciri-ciri Covid-19 BN.1. (Istockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Virus corona penyebab Covid-19 subvarian BN.1 kini tengah menjadi perbincangan. Meski belum terdeteksi di Indonesia, namun masyarakat tetap perlu mewaspadai ciri-ciri Covid-19 BN.1 berikut ini.

BN.1 sendiri sebenarnya merupakan subvarian atau mutasi dari varian Omicron. Nama terakhir merupakan varian SARS-CoV-2 yang kini tengah mendominasi di meningkatnya angka penularan.

Subvarian satu ini telah ditemukan di lebih dari 30 negara. Termasuk di antaranya Amerika Serikat, Austria, Australia, Inggris, India hingga Korea Selatan.

Ciri-ciri Covid-19 BN.1

Pada dasarnya, gejala Covid-19 BN.1 umumnya mirip dengan yang ditimbulkan infeksi varian Omicron lainnya. Dilaporkan, gejala yang muncul tergolong ringan-sedang.

Tubuh yang tiba-tiba lemas menjadi salah satu gejala Covid-19 varian terbaru yang perlu diwaspadai.

Berikut beberapa ciri-ciri Covid-19 BN.1, merangkum berbagai sumber.

1. Tiba-tiba lemas

Kelelahan atau tubuh yang terasa lemas jadi salah satu gejala yang muncul dari subvarian ini. Kondisi ini biasanya ditandai dengan tubuh yang tiba-tiba menjadi lemas atau mudah lelah setelah beraktivitas.

Rasa lemas ini muncul akibat sistem kekebalan yang tengah bekerja melawan virus yang menyerang tubuh.

2. Batuk

Asian beautiful girl in pajamas feel sick while sit on bed in bedroom. Attractive sleep young woman cover her mouth, feeling bad with fever and coughing after wake up on bed in the morning at home.Ilustrasi. Batuk, salah satu ciri-ciri Covid-19 BN.1. (iStockphoto/Kiwis)

Bukan rahasia lagi, batuk jadi gejala Covid-19 di setiap subvarian. Batuk jadi tanda tubuh tengah berusaha mengeluarkan partikel asing melalui saluran napas atau tepatnya tenggorokan.

Namun, batuk yang dipicu infeksi SARS-CoV-2 biasanya berbeda dengan flu atau salesma. Pada kasus Covid-19, batuk yang muncul cenderung kering. Hal ini berbeda dengan batuk pada flu yang cenderung berdahak.

3. Pilek

Mirip dengan penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) lainnya, Covid-19 juga memicu timbulnya pilek. Kondisi ini biasanya ditandai dengan bertambahnya produksi lendir di hidung dan perasaan ada yang tersumbat hingga membuat pasien tak nyaman saat bernapas.

4. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan umumnya muncul akibat betuk kering. Batuk jenis ini akan menimbulkan rasa nyeri sekaligus gatal di tenggorokan.

5. Sakit kepala

Gejala Covid terbaru lainnya adalah sakit kepala. Pada kasus ini, sakit kepala akan timbul menyerupai sensasi berdenyut yang dalam beberapa kasus disertai pusing.

Sakit kepala terjadi akibat reaksi peradangan di dalam tubuh saat virus menyerang.

6. Nyeri otot

Nyeri otot jadi keluhan pasien yang paling dominan saat ini. Sama seperti sakit kepala, nyeri otot terjadi karena peradangan yang tengah terjadi di dalam tubuh.

7. Demam

Ciri-ciri Covid-19 BN.1 yang terakhir adalah demam. Anda perlu waspada jika suhu tubuh melebihi 37,5 derajat Celcius.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER