7 Manfaat Berhubungan Intim Setiap Hari, Kurangi Stres dan Makin Cinta

tim | CNN Indonesia
Senin, 05 Des 2022 20:10 WIB
Berhubungan intim tidak hanya memberi kepuasan dan kesenangan, tapi juga ada manfaat lain. Berikut manfaat berhubungan intim setiap hari. Ilustrasi. Berhubungan intim tidak hanya memberi kepuasan dan kesenangan, tapi juga ada manfaat lain. Berikut manfaat berhubungan intim setiap hari. (Foto: iStockphoto/theevening)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berhubungan intim boleh saja dilakukan setiap hari. Bahkan, ada berbagai manfaat berhubungan intim setiap hari dari sisi kesehatan fisik dan mental pasutri.

Kendati begitu, melansir Healthline, rupanya seks setiap hari rupanya belum umum dilakukan masyarakat di dunia. Hal ini tercermin dari sebuah survei yang pernah dilakukan pada 2017.

Menurut survei tersebut, hanya 4 persen orang dewasa di dunia yang melakukan hubungan intim setiap hari. Hubungan intim yang dimaksud adalah seks yang ditandai dengan penetrasi penis ke vagina.

Fakta lain di Laporan Tenga Self-Pleasure pada 2020 menyatakan jumlah orang yang masturbasi setiap hari lebih tinggi daripada seks setiap hari. Hal ini karena 13 persennya merupakan masturbasi tanpa seks.


Manfaat Seks Setiap Hari

ilustrasi Bercinta, ilustrasi Hubungan Badan, ilustrasi Berhubungan Badan, ilustrasi Berhubungan Sex, ilustrasi Berhubungan Seks, ilustrasi Making Love, ilustrasi ML, ilustrasi Sex, ilustrasi SeksIlustrasi manfaat berhubungan intim atau melakukan seks setiap hari. (Foto: iStockphoto)

Lantas, apa manfaat berhubungan seks setiap hari? Berikut penjelasannya.

1. Fungsi seksual meningkat

Seks setiap hari bisa meningkatkan fungsi seksual pada seseorang, baik laki-laki maupun perempuan. Tentunya semakin banyak melakukan seks, maka fungsi seksual semakin baik.

Fungsi seksual yang meningkat berarti orgasme yang lebih baik, ereksi yang lebih kuat, hingga peningkatan produksi pelumas di vagina yang lebih banyak, sehingga membuat hubungan seks dengan pasangan menjadi lebih baik pula.


2. Stres berkurang

Tak hanya fungsi seksual yang semakin membaik, seks setiap hari juga bisa membuat stres berkurang. Begitu juga dengan kecemasan-kecemasan lain yang kerap menghantui pikiran.

Manfaat ini muncul karena ketika seks, hormon kortisol dan adrenalin jadi berkurang. Sementara hormon endorfin dan oksitosin bertambah, sehingga memunculkan efek relaksasi dan stres pun hilang. Manfaat ini sudah teruji baik di manusia maupun hewan.


3. Tidur lebih nyenyak

Manfaat hubungan intim setiap hari berikutnya adalah tidur jadi lebih nyenyak. Salah satu alasannya karena munculnya efek relaksasi setelah seks, sehingga tubuh meneruskan untuk istirahat, yaitu tidur yang lebih berkualitas.

Alasan lain karena seks memberi efek lelah pada tubuh, sehingga tubuh akan memberi sinyal ke otak untuk beristirahat atau tidur.


4. Mood jadi bagus

Seks setiap hari ternyata juga bisa membuat suasana hati alias mood jadi bagus. Sebab, seks dan orgasme juga memunculkan hormon yang dapat memberi efek rasa senang pada tubuh.

Bahkan, perasaan senang ini bisa bertahan sampai keesokan harinya, sehingga Anda bisa 'good mood' lebih lama.


5. Hilangkan rasa sakit

Rasa sakit juga bisa hilang dengan seks setiap hari. Sebab, setelah seks dan orgasme, tubuh akan merilis hormon endorfin yang bisa melepas gairah dan meredakan rasa sakit atau nyeri alami seperti Anda mengonsumsi opioid.

Beberapa rasa sakit yang mungkin hilang setelah seks adalah kram menstruasi, migrain, dan sakit kepala di bagian tertentu.


6. Jantung lebih sehat

Stres yang berkurang dan tidur yang lebih nyenyak turut memberi manfaat jantung yang lebih sehat. Sebab, seks yang lebih sering dan lebih memuaskan menurunkan risiko serangan jantung.

Selain itu, seks juga bisa menurunkan tekanan darah karena setara dengan olahraga ringan. Seks sebagai olahraga ringan ini perlu dilihat dari durasi dan seberapa keras tenaga yang dikeluarkan.


7. Semakin cinta dengan pasangan

Seks setiap hari juga membuat rasa cinta semakin besar terhadap pasangan. Pasalnya, hormon oksitosin yang keluar setelah seks juga dikenal sebagai hormon cinta.

Oksitosin juga memberi efek berupa ikatan, kasih sayang, dan kepercayaan dalam hubungan. Manfaat hubungan intim setiap hari ini pada akhirnya bisa menambah panjang umur hubungan dengan pasangan, sehingga lebih langgeng.

(uli/fef)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER