7 Minuman untuk Menurunkan Asam Urat, Usir Nyeri yang Tak Tertolong

CNN Indonesia
Selasa, 06 Des 2022 07:00 WIB
Kadar asam urat yang tinggi memicu nyeri sendi yang tak tertolong. Untuk mengatasinya, coba konsumsi beberapa minuman untuk menurunkan asam urat berikut ini. Ilustrasi. Kopi jadi salah satu minuman untuk menurunkan asam urat. (iStockphoto/heinteh)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kadar asam urat dalam darah perlu dijaga. Jika tak dikontrol, kadar asam urat yang tinggi bisa memicu peradangan pada persendian.

Kadar asam urat yang normal berada pada angka 7mg/dL. Jika lebih dari itu, maka Anda perlu berupaya untuk menurunkannya.

Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan mengonsumsi beberapa minuman untuk menurunkan asam urat.

Asal urat sendiri merupakan produk limbah dalam darah. Asam urat terbentuk saat tubuh terlalu banyak mendapatkan asupan purin.

Gejala Penyakit Asam Urat

Umumnya, asam urat bisa larut dalam darah dan keluar dari tubuh melalui urine. Namun, dalam beberapa kasus, asam urat yang terlalu tinggi bisa membentuk kristal pada persendian dan memicu peradangan yang terasa sangat menyakitkan.

Berikut beberapa gejala penyakit asam urat yang ditimbulkan, mengutip Health Site:

- nyeri intens pada persendian,
- sendi terasa kaku,
- sulit bergerak,
- kemerahan dan bengkak.

Minuman untuk Menurunkan Asam Urat

Sencha green Tea Leaves and Japanese Ceramic Tea CupsIlustrasi. Teh hijau, salah satu minuman untuk menurunkan asam urat. (iStockphoto/barol16)

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi beberapa minuman untuk menurunkan asam urat. Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa minuman yang bisa jadi pilihan.

1. Teh hijau

Teh hijau dikenal kaya akan manfaat kesehatan, termasuk di antaranya untuk mengelola kadar asam urat.

Sebuah penelitian menemukan, konsumsi teh hijau dalam jumlah sedang secara teratur dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Senyawa antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau juga membantu mengatasi peradangan akibat asam urat tinggi.

2. Susu rendah lemak atau skim

Segelas susu rendah lemak atau susu skim bisa membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah.

3. Kopi

Minuman yang bisa mengontrol asam urat lainnya adalah kopi. Minuman pahit ini disebut dapat membantu mengatasi gejala asam urat.

Para ahli menyarankan orang dengan asam urat untuk meminum susu yang dicampur dengan susu skim.

Jangan lupa konsultasikan dengan dokter sebelum Anda meminum kopi. Anda juga tak boleh meminum kopi lebih dari dua cangkir dalam sehari.

4. Teh jahe

Teh jahe jadi salah satu minuman yang baik untuk penderita asam urat. Mengutip Times of India, hal ini didapat dari sifat anti-inflamasi yang dimiliki jahe.

Selain itu, sifat antioksidan dan mineral dalam jahe juga dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sendi akibat asam urat.

5. Jus mentimun

Ilustrasi MentimunIlustrasi. Jus mentimun, salah satu minuman untuk menurunkan kadar asam urat. (Kaz/Pixabay)

Jus mentimun dengan sedikit tambahan perasan jeruk nipis dapat membantu mendetoksifikasi hati, ginjal, dan mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Khasiat di atas disebabkan oleh kandungan potasium dan fosfor pada mentimun yang membantu meningkatkan fungsi ginjal. Fungsi ginjal yang membaik dapat membantu asam urat untuk keluar dari tubuh melalui urine.

6. Jus wortel

Minum segelas jus wortel juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Senyawa antioksidan, vitamin A, serat, beta karoten, dan mineral pada wortel membantu mengurangi kerusakan akibat peningkatan kadar asam urat.

7. Air lemon

Mengutip Healthline, sebuah studi pada tahun 2017 menemukan bahwa jus lemon dan ekstraknya dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Pada penelitian ini, orang dewasa dengan kadar asam urat tingi diminta meminum jus lemon setiap hari selama enam pekan.

Khasiat ini didapat karena kemampuan jus lemon dalam membuat tubuh menjadi lebih basa. Kondisi ini membuat tubuh bekerja dalam menyeimbangkan kadar asam urat.

Demikian beberapa minuman untuk menurunkan kadar asam urat yang bisa Anda coba di rumah. Jangan lupa untuk menghindari penggunaan gula tambahan demi mendapatkan manfaat terbaik.

Gif banner Allo Bank
(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER