Gejala Covid-19 yang Sering Dikeluhkan Pasien yang Sudah Booster

CNN Indonesia
Kamis, 08 Des 2022 05:20 WIB
Studi terbaru menemukan beberapa gejala Covid-19 yang paling sering dikeluhkan pasien yang sudah mendapatkan tiga dosis vaksin alias booster. Ilustrasi. Sakit tenggorokan, salah satu gejala Covid-19 yang dialami pasien yang sudah mendapatkan vaksin booster. (iStock/bymuratdeniz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Vaksinasi Covid-19 memang telah berlangsung. Namun, vaksin tak berarti pasti membuat Anda terhindar dari ancaman infeksi virus corona penyebab Covid-19.

Pada dasarnya, vaksin hanya memberikan perlindungan pada masing-masing individu dengan menekan gejala yang muncul akibat infeksi. Artinya, orang yang telah mendapatkan vaksin kemungkinan mengalami gejala yang lebih ringan dibanding mereka yang belum mengikuti vaksinasi.

Pertanyaanya, apa saja gejala Covid-19 yang paling banyak dikeluhkan pasien yang sudah vaksin booster?

Faktanya, ribuan orang yang telah menerima booster dan terinfeksi SARS-CoV-2 melaporkan mengalami gejala yang memengaruhi aktivitas sehari-hari mereka. Hal ini ditemukan dalam studi teranyar yang ditulis oleh para peneliti di Imperial College London.

Studi ini dilakukan terhadap sekitar 5.598 pasien yang dinyatakan positif Covid-19 dan telah mendapatkan vaksinasi hingga dosis ketiga. Mereka terinfeksi subvarian Omicron BA.1 dan BA.2.

Hasilnya, peneliti menemukan gejala yang ditimbulkan oleh BA.2 cenderung lebih mengganggu.

"Mereka yang terinfeksi BA.2 54 persen lebih mungkin melaporkan gejala yang mengganggu kemampuan mereka untuk melakukan kegiatan sehari-hari," tulis para peneliti, mengutip Express.

Di luar itu, studi ini juga melaporkan empat gejala khusus yang dialami responden. Berikut di antaranya:

- pilek atau flu,
- sakit tenggorokan,
- bersin-bersin,
- suara serak.

Artinya, daftar di atas merupakan gejala Covid-19 yang paling banyak dilaporkan pada pasien yang telah mendapatkan vaksinasi dosis booster.

Sick woman blowing her nose, she covered with blanketIlustrasi. Pilek, salah satu gejala Covid-19 yang paling dikeluhkan pasien yang sudah vaksin booster. (iStockphoto/evrim ertik)

Penelitian lain yang dilakukan oleh ZOE Health Study menemukan bahwa sakit tenggorokan adalah gejala paling umum pada pasien yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap atau dua dosis.

Berikut gejala yang paling umum dikeluhkan orang yang telah menerima dua dosis vaksin, di antaranya:

- sakit tenggorokan,
- pilek,
- hidung tersumbat,
- batuk terus-menerus,
- sakit kepala.

Pada dasarnya, orang yang telah melakukan vaksin lengkap atau dua dosis melaporkan lebih sedikit gejala. Mereka juga melaporkan bahwa gejala yang dirasakan menghilang dalam waktu yang lebih singkat.

Kemudian, gejala demam juga umumnya tidak dilaporkan pada pasien positif Covid-19 yang telah mendapatkan vaksin lengkap tanpa booster.



(del/asr)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER