Kasus Baru Meningkat, Jangan Sepelekan Gejala Covid-19 Terbaru

CNN Indonesia
Selasa, 06 Des 2022 04:00 WIB
Kasus Covid-19 belakangan mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Sebaiknya, tetap waspada dan kenali gejala Covid terbaru berikut ini. Ilustrasi. Merasa lelah, salah satu gejala Covid-19 terbaru. (Istockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Virus corona penyebab Covid-19 masih ada di sekitar Anda. Meski kasus baru sempat menurun, ternyata belakangan angkanya kembali naik.

Sebaiknya, tetap waspada dan kenali gejala Covid terbaru.

Ada ragam varian dan subvarian Covid-19. Saat ini yang paling baru adalah subvarian BN.1. Centers of Disease Control and Prevention (CDC) menyebut BN.1 adalah subvarian dari varian Omicron.

Indonesia hingga kini belum melaporkan kasus Covid-19 yang disebabkan BN.1. Namun, Anda tetap wajib waspada akan gejala Covid terbaru, apalagi angka kasus tengah menunjukkan tren peningkatan.

Berikut angka pertambahan kasus baru Covid-19 selama sepekan terakhir.

24 November 2022: 7.110 kasus
25 November 2022: 5.976 kasus
26 November 2022: 5.496 kasus
27 November 2022: 4.151 kasus
28 November 2022: 3.225 kasus
29 November 2022: 5.766 kasus
30 November 2022: 5.609 kasus
1 Desember 2022: 4.977 kasus

Gejala Covid Terbaru

Ilustrasi sakit fluIlustrasi. Demam merupakan salah satu gejala Covid terbaru. (iStock/visualspace)

Subvarian BN.1 dilaporkan menimbulkan gejala ringan mirip flu dan tidak jauh berbeda dengan gejala-gejala varian pendahulunya.

1. Batuk

Musim hujan seolah memicu gejala penyakit yang terbilang sepele termasuk batuk. Batuk juga merupakan salah satu gejala Covid terbaru. Namun, batuk akibat flu biasa berbeda dengan batuk akibat Covid-19.

Pada kasus flu biasa, batuk biasanya disertai lendir atau disebut batuk berdahak. Sementara batuk akibat Covid-19 cenderung berupa batuk kering.

Namun jika Anda mengalami batuk berdahak, tidak boleh serta merta menganggap itu bukan Covid-19. Sejumlah pasien Covid-19 dilaporkan mengeluhkan batuk berdahak.

2. Pilek

Biasa langganan pilek di musim hujan? Selama pandemi, pilek tak bisa lagi Anda sepelekan. Pilek jadi salah satu gejala Covid-19.

Pilek biasa dan pilek akibat Covid-19 cukup sulit dibedakan. Anda perlu melakukan tes swab untuk memastikan apa pilek disebabkan Covid-19 atau bukan.

3. Sakit tenggorokan

Batuk sebagai salah satu gejala Covid biasanya sepaket dengan sakit tenggorokan. Sensasi gatal di tenggorokan memicu batuk. Saat terjadi terus-menerus, tenggorokan pun terasa sakit.

Akan tetapi, kadang sakit tenggorokan muncul begitu saja tanpa batuk kering. Oleh karenanya, Anda harus tetap waspada.

4. Sakit kepala

Sensasi sakit kepala ada beragam dan bisa berbeda pada tiap orang. Namun, gejala Covid terbaru ini punya sensasi cukup spesifik. Umumnya, sakit kepala akibat Covid-19 memiliki sensasi kepala berdenyut disertai pusing.

5. Kelelahan

Saat terinfeksi SARS-CoV-2, tubuh akan lebih lelah dari biasanya. Rasa lelah biasanya terjadi akibat energi yang tersita untuk kinerja sistem kekebalan tubuh.

Pasalnya, sistem kekebalan tubuh harus 'bekerja keras' saat virus menyerang.

Seperti apa sensasi lelahnya? Coba kenali kondisi tubuh. Saat tubuh terasa lelah tanpa alasan atau cepat lelah padahal aktivitas ringan, Anda perlu curiga.

6. Nyeri otot atau sendi

Young man suffering from neck pain. Headache pain.Ilustrasi. Nyeri sendi, salah satu gejala Covid terbaru. (Istockphoto/Aleksej Sarifulin)

Rasa nyeri otot atau sendi kerap diabaikan karena dianggap sebagai hal biasa. Selama masa pandemi, rasa nyeri sebaiknya tak lagi disepelekan.

Nyeri bisa timbul tiba-tiba atau tanpa perantara aktivitas fisik berat. Nyeri pun kadang bisa menjalar ke area tubuh lain.

7. Demam

Mulai saat ini, sebaiknya sediakan termometer badan di rumah. Demam jadi salah satu gejala Covid terbaru. Termometer akan membantu Anda menentukan suhu tubuh apa sudah termasuk demam atau belum.

Tak hanya Covid-19, demam kerap jadi gejala penyakit lain. Jika Anda mengalami demam, sebaiknya lakukan tes swab untuk memastikan demam disebabkan Covid-19 atau bukan.

Gif banner Allo Bank
(els/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER