Menparekraf Imbau Wisatawan Waspada Bencana Alam Saat Libur Nataru

tim | CNN Indonesia
Jumat, 09 Des 2022 14:00 WIB
Liburan Nataru kerap menjadi momen untuk masyarakat jalan-jalan ke berbagai destinasi wisata, namun terjadi sejumlah bencana alam di Indonesia belakangan ini. Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Arsip Kemenparekraf)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengimbau para wisatawan untuk waspada saat menjalani libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, karena sejumlah bencana alam yang terjadi baru-baru ini.

Libur Nataru kerap menjadi momen untuk masyarakat jalan-jalan ke berbagai destinasi wisata. Sandiaga pun para pelaku mengingatkan industri pariwisata untuk bersiap menyambut para wisatawan yang datang.

Namun, liburan Nataru kali ini dibarengi dengan fenomena bencana alam seperti gempa bumi, erupsi gunung berapi, dan banji, yang belakangan terjadi di Indonesia.

"Baru dapat arahan dari Bapak Presiden, bahwa karena ada peningkatan anomali cuaca, curah hujan, ada kemungkinan tanah longsor, gempa, maka kita harus mewaspadai. Kita harus hati-hati," kata Sandiaga Uno di Jakarta.

Untuk menyambut momen liburan Nataru kali ini, Sandiaga meminta seluruh pemilik usaha pariwisata mengedepankan aspek CHSE (Cleanliness, Health, Safety dan Environment Sustainability) kepada wisatawan.

Dia berharap ekonomi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air bisa bangkit apabila dimaksimalkan momen libur Nataru yang ada di depan mata.

"Kita harus manfaatkan semaksimal mungkin momen libura Natal dan Tahun Baru 2023. Mudah-mudahan ini akan mencetak rekor kebangkitan pasca pandemi," tutur Sandiaga Uno.

Sandiaga sendiri yakin target kunjungan wisatawan mancanegara tahun depan bakal tercapai, setelah dia menyaksikan tren di lapangan dan momentum yang ada dijaga.

"Kita optimis kalau ini kita kawal momentumnya, bukan hanya tahun ini, tapi juga tahun depan target 3,6-7,2 juta wisatawan mancanegara bisa tercapai," ucap mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini.

(wiw/wiw)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER