7 Kebiasaan Minum yang Baik untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

tim | CNN Indonesia
Rabu, 18 Jan 2023 09:00 WIB
Pola makan, rutinitas olahraga bersama dengan gaya hidup memainkan peran yang sangat penting dalam kadar kolesterol seseorang. Pola makan, rutinitas olahraga bersama dengan gaya hidup memainkan peran yang sangat penting dalam kadar kolesterol seseorang.(iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pola makan, rutinitas olahraga bersama dengan gaya hidup memainkan peran yang sangat penting dalam kadar kolesterol seseorang.

Pasalnya, minuman tertentu dengan kadar gula tinggi dan tambahan soda dapat meningkatkan kolesterol Anda.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menerapkan kebiasaan minum yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Kolesterol "jahat" atau low-density lipoprotein (LDL) adalah salah satu penyebab penyumbatan di arteri. Sementara kolesterol "baik" atau high-density lipoprotein(HDL) adalah salah satu yang membantu fungsi hati.

Ketika kadar LDL tinggi, hal tersebut meningkatkan risiko penyakit jantung. Maka itu, penting bagi Anda untuk menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

Melansir berbagai sumber, berikut beberapa kebiasaan minum yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi.

1. Minum teh hijau secara teratur

Melansir Times Now, teh hijau mengandung antioksidan dan katekin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, kehadiran kafein membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

Teh hitam juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, namun tidak sebanyak teh hijau karena jumlah katekin yang lebih tinggi di dalamnya.

2. Batasi konsumsi soft drink

Soft drink atau minuman soda manis mengandung gula dalam jumlah tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Minum minuman soft drink ini tidak hanya meningkatkan LDL, tetapi juga mengurangi kadar HDL yang membantu menghilangkan LDL dari tubuh.

3. Minum susu kedelai

Alih-alih susu susu, coba tambahkan susu kedelai ke dalam pola makan Anda sehari-hari. Mengganti susu biasa dengan susu kedelai dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL.

4. Minum air putih secara teratur

Meningkatkan asupan air dapat membantu menurunkan kolesterol LDL. Ketika Anda minum air dalam jumlah yang cukup, risiko terkena obesitas dan diabetes pun juga berkurang.

5. Minum jus tomat

Jus tomat mengandung likopen yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Tak hanya itu, jus tomat juga terdiri dari serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

6. Beralih ke susu rendah lemak

Saat Anda memesan minuman di cafe, cobalah membuat permintaan untuk mengganti susu biasa dengan susu skim atau susu rendah lemak.

"Memilih susu skim atau tanpa lemak dapat membantu mengurangi asupan lemak jenuh. Perubahan kecil ini dari waktu ke waktu dapat membantu mengurangi asupan lemak jenuh harian dan membantu menurunkan kolesterol Anda juga," kata ahli nutrisi Roxana Ehsani, melansir Eat This Not That.

7. Tambahkan serat ke dalam minuman

Kebanyakan orang berjuang untuk mendapatkan jumlah gram per serat yang disarankan per hari, yaitu 25 gram per hari untuk wanita, dan 38 gram per hari untuk pria.

Pasalnya, serat sangat penting untuk dimasukkan ke dalam pola makan sehat jantung, terutama bagi mereka yang ingin menurunkan kadar kolesterol. Serat makanan mengikat kolesterol jahat yang beredar dalam darah dan dapat menariknya keluar dari tubuh.

Untuk menambahkan lebih banyak serat, vitamin, dan mineral ke dalam minuman Anda, cobalah mulai menambahkan buah beri dan sayuran hijau gelap seperti bayam atau kangkung.

Itulah beberapa kebiasaan minum yang sehat untuk menurunkan kolesterol tinggi.

(del/chs)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER