Sering Tak Sengaja, Bolehkah Menelan Permen Karet?

CNN Indonesia
Rabu, 18 Jan 2023 07:15 WIB
Banyak orang tak sengaja menelan permen karet. Pertanyaannya, permen karet boleh ditelan atau tidak? Apa yang terjadi jika tak sengaja menelan permen karet? Ilustrasi. Ada alasan di balik permen karet yang tidak boleh ditelan. (iStockphoto/nyul)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak orang tak sengaja menelan permen karet. Padahal, jenis permen satu ini tak didesain untuk ditelan dan masuk ke dalam tubuh,

Lantas, apakah permen karet boleh ditelan atau tidak?

Mengunyah permen karet memang candu. Rasa kenyal pada tekstur permen membuat gigi tak henti-hentinya mengunyah.

Mengutip Healthline, permen karet adalah zat lunak dan kenyal yang dirancang untuk dikunyah tetapi tidak ditelan. Umumnya permen karet terbuat dari gum (yang memberikan tekstur kenyal), resin, kalsium karbonat, pengawet, pemanis, dan perasa.

Secara umum, mengunyah permen karet dianggap aman. Kegiatan mengunyah permen karet bahkan disebut-sebut dapat mengurangi tingkat stres, membantu proses penurunan berat badan, hingga mengurangi bau mulut.

Namun sayangnya, tekstur kenyal membuat permen karet sering kali terlalu lama dikunyah di dalam mulut. Tak jarang pula permen karet yang tak sengaja tertelan saat sedang asyik mengunyah.

Pertanyaannya kemudian, permen karet sebenarnya boleh ditelan atau tidak? Jawaban umumnya tentu tidak boleh. Pasalnya, permen karet memang tidak dirancang sebagai makanan yang bisa masuk ke dalam sistem pencernaan.

Namun, permen karet yang tak sengaja tertelan pun sebenarnya tidak berbahaya. Mitos menyebutkan bahwa permen karet yang tertelan akan berada di perut selama tujuh tahun sebelum dicerna.

Ahli kesehatan Elizabeth Rajan mengatakan bahwa mitos itu adalah anggapan yang salah.

"Jika Anda menelan permen karet, memang benar tubuh tidak bisa mencernanya. Tapi, permen karet tidak tinggal diam di dalam perut," ujar Rajan, mengutip laman Mayo Clinic.

Permen karet, lanjut Rajan, akan bergerak melalui sistem pencernaan dan diekskresikan dalam tinja.

partial view of woman holding paper made large intestine on grey backgroundIlustrasi. Ada alasan di balik permen karet yang tidak boleh ditelan. (iStockphoto/LightFieldStudios)

Memang, dalam beberapa kasus, permen karet yang tertelan bisa menyebabkan sembelit dan penyumbatan pada saluran pencernaan. Namun, menukil laman Kids Health, hal ini terjadi jika Anda menelan permen karet dalam jumlah banyak.

Selain itu, penyumbatan juga mungkin terjadi saat permen karet tertelan bersama makanan lainnya yang tak bisa dicerna seperti biji bunga matahari.

Gejala penyumbatan biasanya muncul seperti rasa sakit perut, sembelit, dan mual-muntah. Segera temui dokter jika Anda mengalami gejala tersebut setelah tak sengaja menelan permen karet.

Demikian penjelasan apakah permen karet boleh ditelan atau tidak. Semoga membantu!



(asr/asr)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER