Tak Selalu Sehat, 4 Sayuran Ini Justru Tak Disarankan untuk Diabetes

CNN Indonesia
Kamis, 16 Mar 2023 10:15 WIB
Sayuran memang dikenal sebagai makanan paling sehat. Namun, beberapa sayuran justru dilarang dikonsumsi oleh penderita diabetes. Apa saja? Ilustrasi. Jagung, salah satu sayuran yang dilarang dikonsumsi penderita diabetes. (iStockphoto/VeselovaElena)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada banyak makanan yang jadi pantangan penderita diabetes. Bahkan, ada juga sayuran yang dilarang untuk penderita diabetes.

Selama ini, sayuran dianggap sebagai makanan paling sehat. Sayuran juga kerap jadi andalan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Namun sayangnya, beberapa jenis sayuran justru berbahaya untuk orang dengan diabetes.

Sayuran yang dilarang dikonsumsi penderita diabetes

Mengutip Live Science, orang dengan diabetes harus menghindari sayuran dengan peringkat indeks glikemiks tinggi. Pasalnya, tubuh dapat menyerap gula darah dari makanan tersebut lebih cepat dibandingkan dengan makanan dengan tingkat indeks glikemik rendah.

Lantas, apa saja sayuran yang harus dihindari? Berikut beberapa daftar sayuran yang dilarang dikonsumsi penderita diabetes:

1. Kentang

Kentang mengandung jumlah karbohidrat yang lebih tinggi daripada kebanyakan sayuran. Karbohidrat bisa berubah menjadi gula dan meningkatkan gula darah.

Mengutip All Recipes, orang dengan diabetes juga sebaiknya menghindari jenis kentang olahan seperti kentang goreng atau keripik.

2. Jagung

Jagung rebus selalu menjadi pilihan camilan yang enak. Sama seperti kentang, kandungan karbohidrat pada jagung juga cukup tinggi. Sebaiknya hindari terlalu banyak konsumsi jagung rebus.

3. Labu kuning

Dalam setiap porsi atau sekitar 245 gram labu kuning memiliki 16 gram karbohidrat dan kurang dari 3 gram serat. Hindari jenis sayuran ini karena mengandung indeks glikemik yang cukup tinggi.

4. Jus sayuran

Jus sayuran atau jus hijau ternyata tak cocok untuk penderita diabetes. Apapun jenis sayurannya, jika diolah dalam bentuk jus, maka seratnya akan berkurang.

Alih-alih mengolahnya menjadi jus, lebih baik mengonsumsinya seperti biasa dalam bentuk sayuran utuh.

Itulah empat jenis sayuran yang dilarang dikonsumsi oleh penderita diabetes. Perhatikan porsinya jika memang ingin mengonsumsi makanan di atas.



(tst/asr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER