Model Cantik Davina Jadi Kartini untuk Anjing

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Selasa, 21/04/2015 12:32 WIB
Model Cantik Davina Jadi Kartini untuk Anjing Davina Veronica mendukung kesejahteraan anjing. (Dok. Instagram/davinaveronica_gsi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perubahan yang dibawa R.A. Kartini benar-benar mengukir sejarah. Ia mengangkat derajat perempuan dengan semangat menimba ilmu yang tak kenal batas. Semangat yang sama kini mengilhami banyak perempuan Tanah Air, termasuk model cantik Davina Veronica.

Ia menjadi salah satu dari tujuh perempuan pilihan situs pembawa perubahan, Change. Ia dianggap sebagai "agen perubahan" untuk kesejahteraan binatang. Davina mendukung petisi untuk Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Itu diumumkan oleh Change melalui siaran pers yang diterima CNN Indonesia, Senin (20/4).


Petisinya meminta agar anjing tidak lagi dijadikan objek konsumsi. Ia prihatin karena anjing semakin banyak diperdagangkan lalu dibunuh dan dimakan. Binatang berbulu itu bahkan dianggap sebagai santapan lezat. Konsumsi anjing kian marak di banyak kota.

Jakarta Animal Aid Network dan Animal Friends Jogja telah melakukan riset terkait itu. Di Yogyakarta, sekitar 360 ekor anjing dibunuh setiap minggu. Di Sumatera, jumlahnya naik lima kali lipat. Jakarta membunuh 720 ekor anjing per minggu untuk dimakan.

Padahal menurut Organisasi Kesehatan Hewan Dunia seperti Office Internationale des Epizooties dan Codex Alimentarius Comission, anjing bukanlah hewan potong yang wajar untuk dikonsumsi manusia. Ia seharusnya dipelihara dengan kasih sayang, bukan dijualbelikan.

Yang lebih ironis lagi, peredaran anjing-anjing di Indonesia kebanyakan ilegal. Bahkan mereka didatangkan tanpa latar belakang yang jelas, dan dari wilayah yang belum bebas rabies seperti Pangandaran, Jawa Barat.

Davina yang menjadi CEO Garda Satwa Indonesia turut mendukung dan mengampanyekan "Dogs Are Not Food". Petisi yang didukungnya pun mulai banyak dukungan. Hingga Selasa (21/4), dilihat dari situs resmi Change, petisi itu sudah ditandatangani lebih dari 85 ribu orang.

Davina sendiri telah mengucapkan selamat Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April, melalui akun Instagram-nya. "Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan di Indonesia. Jadilah dian yang tak pernah padam, selalu bersinar dengan kecerdasan yang kamu miliki. Selamat Hari Kartini," tulisnya.

Ia yang juga suporter kehormatan untuk WWF merayakan Hari Kartini dengan berkampanye soal lingkungan di Kalimantan. Davina mengunggah foto dirinya mengenakan kebaya encim dengan pin WWF tersemat di dada kiri. Davina juga memamerkan foto dirinya bersiap ke Danau Sentarum, sembari mengenakan topi WWF.

(rsa/vga)