Abdee 'Slank' Belum Menemukan Pendonor Ginjal

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Selasa, 19/05/2015 18:33 WIB
Abdee 'Slank' Belum Menemukan Pendonor Ginjal Abdee Slank harus cuci darah dua kali seminggu. (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sakit ginjal masih membuat Abdee rehat panjang dari Slank. Empat personel lain, Kaka, Bimbim, Ivanka, dan Ridho masih memberi kesempatan bagi Abdee untuk menyembuhkan penyakitnya terlebih dahulu. Meski Bimbim mengakui itu mengurangi produktivitas Slank, ia maklum.

"Karena Abdee ada masalah kesehatan jadi rada lambat, tapi kami santai kok," kata Bimbim, drummer Slank saat ditemui di kawasan Pondok Indah Mal, Jakarta, Selasa (19/5). Saat ini, lanjut Bimbim, Abdee masih harus menjalani proses pencucian darah (hemodialisis).

"Masih seminggu dua kali cuci darah," ujarnya menerangkan. Donor ginjal sudang dalam proses pertimbangan. Anak semata wayang Abdee sudah menawarkan ginjalnya untuk sang ayah. Namun, usianya belum sampai 18 tahun, sehingga belum diizinkan mendonorkan darah meski cocok.


"Satu lagi dari kru Slank yang juga keponakannya Abdee, karena golongan darahnya sama," kata Bimbim lagi. Donor ginjal Abdee masih terganjal di golongan darah. Belum ada pendonor yang benar-benar cocok dengan Abdee.

Abdee masih mengandalkan pengobatan medis guna menyembuhkan penyakitnya. Berbagai ahli pengobatan alternatif hingga "orang pintar" ditolaknya. Abdee juga enggan mengeluhkan penyakitnya kepada para personel Slank. Sang gitaris masih menunjukkan semangat yang sama seperti sebelum divonis sakit ginjal.

Untuk tahu lebih jelas soal Abdee, para sahabatnya yang sudah nge-band bersama selama hampir 20 tahun itu harus aktif menanyainya langsung. "Kalau lihat Abdee kayak enggak sakit. Itu yang bikin kami ikut semangat," ujar Ivanka. Ia mengakui, penyakit Abdee juga membawa perubahan tersendiri bagi Slank.

Kini, Bimbim cs menjadi lebih perhatian kepada Abdee dan kesehatan masing-masing.

Meski Abdee sedang rehat, Slank masih menggarap album baru untuk proyek Rumah Harmoni. Rencananya ada 14 lagu yang masuk daftar. Baru Kaka dan Bimbim yang merampungkan bagiannya. Ridho dan Ivanka belum rekaman.

(rsa/vga)