Kelompok Teater London Cari Aktor 'Sound of Music' di Jakarta

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Senin, 08/06/2015 17:13 WIB
Kelompok Teater London Cari Aktor 'Sound of Music' di Jakarta Sudah lima bulan menjelang acara, Sorak Entertainment bersikukuh kalau mereka tidak memakai aktor atau aktris dalam negeri yang notabene sudah berbakat. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
Jakarta, CNN Indonesia -- Benarkan musik bisa menyelamatkan sebuah keluarga dari kekejaman Nazi? Jawabannya benar, dalam film The Sound of Music yang dirilis pada tahun 1965.

Tidak banyak yang tahu, kalau film karya Robert Wise itu terinspirasi dari sebuah teater musikal karya Richard Rodgers pada 1959, yang juga terinspirasi dari sebuah buku karangan Howard Lindsay dan Russel Crouse pada 1949.

Baik teater dan filmnya telah mendapatkan penghargaan bergengsi, mulai dari Tony Award hingga Academy Award.


Tahun ini, teater musikal The Sound of Music hasil gubahan Andrew Llyod Webber dan David Ian dari kelompok teater Really Useful Group yang berbasis di London, Inggris, akan beraksi di Jakarta.

Bertempat di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta, pada 6-11 Oktober 2015, teater musikal kelas dunia tersebut diboyong oleh Sorak Gemilang Entertainment.

Sebanyak sepuluh kontainer dan 80 kru teater akan didatangkan oleh Sorak Entertaiment dari London ke Jakarta demi pertunjukkan yang diganjar tiket mulai dari Rp720 ribu hingga Rp3,7 juta itu.

Seluruh produksi akan dikerjakan oleh tim Webber dan Ian, Really Useful Group, termasuk pemilihan pemain karakter Maria, Captain von Trapp, Baroness, Liesl, Kurt, Brigitta, Marta dan Gretl.

Tapi, Indonesia boleh berbangga hati. Karena Really Useful Group berencana untuk mengaudisi anak Indonesia untuk memerankan karakter Friedrich dan Louisa.

Hal tersebut disampaikan oleh Mervi Sumali dan Regina Novalita, perwakilan Sorak Entertainment dalam konferensi pers penyelenggaraan teater musikal The Sound of Music yang diadakan di Skeeno Hall, Gandaria City, Jakarta pada Senin (8/6).

"Dalam setiap penampilannya, Really Useful Group selalu mencari anak berbakat di tiap negara untuk memerankan sebuah karakter. Indonesia hanya kebagian dua peran, karena mereka tampaknya belum terlalu percaya kalau anak-anak bangsa banyak yang berbakat," kata Mervi.

Hanya tersedia dua lowongan, Sorak Entertainment sudah bersiap untuk menerima ribuan pelamar yang berkeinginan untuk memerankan karakter Friedrich dan Louisa.

Oleh karena itu, bersama Really Useful Group, mereka akan mengadakan audisi di Gandaria City pada 22-24 Juni 2015 mulai dari jam 10.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Dalam siaran persnya, disebutkan beberapa persyaratan untuk menjadi Friedrich dan Louisa di panggung sandiwara The Sound of Music pada Oktober nanti.

Karakter Friedrich memiliki tinggi 152,5 cm, berusia 14 tahun, mampu bernyanyi, menguasai nada dan memiliki karakter vokal yang bulat.

Sedangkan, karakter Louisa memiliki tinggi 150 cm, berusia 13 tahun dan memliki karakter tubuh anak berusia 13 tahun sebelum memasuki masa pubertas.

Tidak hanya itu, peserta audisi juga harus mampu menari dan berbahasa Inggris, karena pergelaran teater sepenuhnya akan menggunakan bahasa tersebut.

"Mereka yang terpilih akan mendapat pengajaran di China selama satu minggu hingga sebelum pergelaran pada Oktober," kata Mervi.

Sudah lima bulan lagi menjelang acara, tapi pihak Sorak Entertainment bersikukuh kalau mereka tidak akan memakai aktor atau aktris dalam negeri yang notabene sudah berbakat untuk menjadi pemeran Friedrich dan Louisa.

"Karena kami yakin kalau banyak anak bangsa yang berbakat dan perlu ditunjukkan kepada Indonesia dan dunia. Tidak menutup kemungkinan, kalau mereka akan diajak Really Useful Group untuk pentas di negara lain," kata Regina.

Selama pergelarannya, acara teater The Sound of Music akan digelar satu kali dalam sehari, kecuali dua kali saat akhir pekan.

Setelah terpilih, pemeran Friedrich dan Louisa akan tampil di hadapan 1.200 penonton, sesuai kapasitas Ciputra Artpreneur Theater, setiap harinya.

Tentu saja anak yang terpilih harus memiliki kemampuan yang prima untuk menyeimbangi pemeran-pemeran dari London yang sudah sangat berpengalaman.

Seluruh persyaratan audisi bisa dilihat di situs www.soundofmusicjkt.com.

Mervi berharap, di masa liburan sekolah ini, para orang tua mau meluangkan waktunya untuk mengantar anak-anak mereka yang ingin mengadu bakat dan berkesempatan untuk tampil dalam teater musikal legendaris The Sound of Music.





[Gambas:Youtube] (ard/ard)