Dituduh Mencuri Lagu, Beyonce Digugat Penyanyi Latar

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Senin, 15/06/2015 11:17 WIB
Dituduh Mencuri Lagu, Beyonce Digugat Penyanyi Latar Meski menggugat Beyonce atas plagiarisme lagunya, nyatanya Lane tidak pernah mendaftarkan lagunya ke badan hak cipta. (REUTERS/Mike Blake)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah Pharrell Williams dan Robin Thicke yang tersandung masalah plagiarisme dalam lagu Blurred Lines, kali ini musisi wanita cantik, Beyonce, juga dikabarkan melakukan peniruan yang tidak berizin.

Istri rapper Jay Z yang bernama lengkap Beyonce Knowles ini dituduh mencuri lagu milik penyanyi latarnya, Ahmad Lane (nama panggung Javon), seperti yang dikutip dari NME pada Minggu (14/6).

Lagu yang diduga dicuri Beyonce dari Lane berjudul XO, yang dirilis dalam album Beyonce pada 2013.


Diberitakan juga oleh Radar Online, Lane mengaku kalau ia memberikan lagu asli yang berjudul XOXO pada sesama penari latar Beyonce, Chrissy Collins, yang memberikan lagu itu ke Beyonce tanpa izin Lane.

Atas tuduhan plagiarisme tersebut, Lane menuntut kompensasi sebesar US$7 juta (Rp93,3 miliar).

Pihak Beyonce dikabarkan menolak segala tuduhan Lane dan mengatakan kalau tuduhan tersebut tidak berdasarkan fakta serta bukti yang kuat.

Dalam dokumen pengadilan, pengacara Beyonce mengatakan kalau kedua lagu tersebut tidak sama dan hanya mirip dari segi judul, XO dan XOXO.

"Baik lirik, musik, nada, pola ritmis, melodi dan struktur lagu, tidak ada yang sama," tulis sang pengacara.

Meski menggugat Beyonce atas plagiarisme lagunya, nyatanya Lane tidak pernah mendaftarkan lagunya ke badan hak cipta.

Pihak Beyonce mengatakan kalau mereka tidak ingin melanjutkan kasus ini.

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Youtube]

Sementara itu, Beyonce membuat penggemarnya kecewa karena mengumumkan sesuatu yang tidak terlalu penting di acara televisi Good Morning America.

Sebelumnya, pihak Good Morning America mengatakan kalau mereka akan mengumumkan sesuatu yang penting bagi penggemar Beyonce.

"Beyonce akan mengumumkan sesuatu yang akan membuat Anda penasaran," tulis cuitan dalam akun Twitter Good Morning America.

Namun, bukan soal album baru atau tur yang diumumkan Beyonce di Good Morning America, melainkan tentang program diet vegan yang sedang dijalaninya.

Para penggemar kecewa, karena kabar Beyonce adalah seorang vegan sudah tersiar sejak dulu. Kekecewaan penggemar Beyonce sempat membuat heboh dunia maya, khususnya Twitter.









(ard/ard)