Dian Pelangi, Sehari Puasa Dibayar Rp 5 Ribu

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Senin, 22/06/2015 12:29 WIB
Dian Pelangi, Sehari Puasa Dibayar Rp 5 Ribu Desainer Dian Pelangi butuh iming-iming saat puasa. (ANTARA FOTO/Teresia May)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anak-anak yang belum terbiasa berpuasa, biasanya butuh dorongan dari orang tua. Saat masih kecil, ikon fesyen untuk busana muslim, Dian Pelangi pun tak langsung bisa puasa seharian penuh. Ia butuh "iming-iming".

Ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu, Dian berkata saat kecil dulu ia harus dipancing uang oleh sang ayah, sehingga mau berpuasa. Cara itu cukup efektif.

"Dahulu waktu SD hingga SMP, kalau saya puasa penuh dapat uang Rp 5 ribu dari ayah. Kalau setengah hari, dapatnya Rp 2.500," kata Dian. Bukan hanya dirinya, cara yang sama juga digunakan sang ayah memancing saudara-saudaranya agar menjalankan puasa secara baik dan penuh selama 30 hari di bulan Ramadan.


Usaha sang ayah pun tak sia-sia. Dian mengaku kerap kali berlomba dengan saudara-saudaranya untuk mengumpulkan uang paling banyak. Jika berhasil puasa penuh selama Ramadan, uang yang dikumpulkan bisa sampai Rp 150 ribu.

Untuk bocah SD ataupun SMP di masa 1997-an, uang sebesar tersebut cukuplah besar. Apa yang dilakukan Dian dengan uang itu?

"Uangnya biasanya ditabung, atau buat jajan sih," kata Dian sembari tertawa. Uang itu juga bisa jadi bekal saat momen lebaran tiba.

Dian tidak menjelaskan lebih lanjut benda apa yang pernah ia beli dari hasil mengumpulkan uang saat puasa. Yang jelas, kenangan itu masih membekas hingga kini. Sampai sekarang, Dian jadi ingat momen Ramadan adalah saatnya berkumpul keluarga.

Momen yang paling disukai dari Dian adalah ketika berbuka. Menurutnya, momen itu saatnya ia berkumpul, mengobrol, dan memperbarui diri lagi bersama keluarga tercinta.

"Selama ini kan mungkin saya sibuk dengan duniawi. Jadi momen Ramadhan ini mesti diperbanyak ibadahnya juga," kata Dian bijak.

(rsa/rsa)